Manfaat Berolahraga Secara Teratur

Sebagai manusia, kita tak luput dengan yang namanya menggerakkan badan, entah itu menyapu lantai, mencuci piring dan sebagainya. Semua itu juga termasuk dikategorikan olah badan.

Olahraga khususnya lari atau berjalan akan membuat orang jadi sehat, pintar dan langsing. Olahraga lari atau berjalan adalah olahraga terbaik dan murah jika dibandingkan dengan olahraga lainnya.



Mengatasi Aterosklerosis

Dengan berjalan atau berlari, Anda akan menjadi sehat karena proses pembentukan plak aterosklerosis pada pembuluh darah dapat dicegah.

Aterosklerosis adalah suatu keadaan arteri besar atau kecil yang dipenuhi oleh endapan lemak trombosit, mikrofag dan leukosit di seluruh lapisan tunika intima dan akhirnya ke tunika madia arteri.




Ilmuwan kedokteran telah membuktikan bahwa pengerasan pembuluh darah kalaupun tidak hilang secara total, namun sebagian plak dapat dihilangkan dengan cara berjalan kaki atau berlari.

Berjalan kaki efeknya juga sangat baik terhadap:
  • Tekanan darah.
  • Kolesterol.
  • Berat badan.
  • Dan mengurangi stres.


Jalan Kaki yang Terbaik


Jalan kaki yang paling baik adalah minimal ditempuh sejauh 500 meter sampai 3 kilo meter bagi pemula dan lakukan penambahan jarak tempuh secara bertahap.





Jalan kaki dapat dilakukan kapan saja, yang terbaik adalah 3-5 kali dalam seminggu dengan lama 30 menit.

Dengan melakukan jalan kaki secara teratur, maka penyakit jantung koroner dapat turun sampai 60%.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat Berolahraga Secara Teratur"

  1. jom jalan kaki.. tak payah naik kereta :)

    ReplyDelete
  2. Tiap hari pergi ke tempat kerja selalu jalan kaki soalnya jarak antara rumah dan tempat kerja itu deket banget cuma menempuh waktu 3 menit saja :D

    ReplyDelete

Labels