Gejala Radang Paru-Paru Anak, Pengobatan dan Pencegahan

Penyakit radang paru-paru atau yang disebut dengan Bronchiolitis adalah penyakit infeksi paru-paru yang sering terjadi pada anak-anak dan bayi. Penyakit ini menyebabkan penyempitan saluran napas kecil (bronkiolus) pada paru-paru.

Penyebabnya kebanyakan disebabkan oleh virus.
Dan waktu puncaknya terjadi selama berbulan-bulan musim hujan.


Memang penyakit radang paru-paru anak ini salah satu penyakit yang lama penyembuhannya. Dibutuhkan kesabaran yang tinggi oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Alangkah baiknya bagi buah hati Anda mendapatkan vaksin imuninasi secara lengkap dan bertahap di Puskesmas-puskesmas terdekat.

Sedangkan penularannya adalah melalui udara ketika penderita batuk, bersun atau berbicara. Selain itu, bisa disebabkan pula melalui peralatan seperti handuk dan mainan.





Gejala

Gejala yang muncul adalah mirip seperti sakit flu biasa, namun kemudian berkembang menjadi batuk, mengi, terus sulit makan maupun minum serta pernafasan menjadi lebih cepat atau kesulitan bernafas.

Gejala bronkiolitis dapat berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu, satu bulan bahkan lebih dari itu.






Pengobatan

Untuk mengobati, bisa dirawat di rumah dengan cukup minum. Minum obat-obatan yang berfungsi untuk melebarkan saluran udara belum tentu dapat membantu, sesuai dengan kondisi anak.

Pencegahan

Hindari paparan asap rokok.
Jaga kebesihan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gejala Radang Paru-Paru Anak, Pengobatan dan Pencegahan"

Post a Comment