Kedahsyatan Jambu Biji

Kalau kita lihat di masyarakat sekitar kita, jambu biji sering dikiaskan sebagai obat demam berdarah. Hal tersebut sangatlah mungkin dan benar adanya karena memang kandungan zat jambu biji ini sangatlah banyak.

Buah eksotis ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi, bahkan kandungan vitamin C yang dimiliki bisa mencapai tiga sampai enam kali dibandingkan dengan buah jeruk dan lebih tinggi sepuluh kali dibandingkan dengan buah pepaya serta mencapai sepuluh hingga tigapuluh kali lipat jika dibandingkan dengan buah pisang.


Perbandingan vitamin C antara jambu biji, pepaya dan pisang adalah:
  • Jambu biji > 3-6x buah jeruk.
  • Jambu biji > 10x buah pepaya.
  • Jambu biji > 10-30x buah pisang.

Vitamin C ini terdapat dalam daging buahnya yang segar, bahkan bijinya saja yang sering tidak dikonsumsi juga mengandung vitamin C sama seperti dengan buahnya.






Jambu Biji dalam Kemasan Kotak

Telah disebutkan dalam buku "Foods that Heal that Harm" dikatakan bahwa setiap 90 gram buah jambu biji lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada orang dewasa. Disebutkan pula meskipun kehilangan hampir 25% vitaminnya karena pengilahan, namun jus jambu kemasan kotak masih merupakan sumber vitamin C yang baik.

Berkat kandungan vitamin C dosis tinggi ini,kekebalan tubuh dalam melawan bakteri akan meningkat.

Proses penyembuhan luka pun jadi lebih cepat kalau mengonsumsi jambu biji ini selain itu juga tekanan darah menjadi lebih baik berkat buah ini. Hal ini dikarenakan jambu biji merupakan sumber potasium yang baik.

Cara Pemanfaatan

Cara memanfaatkan buah ini caranya adalah dengan memilih buah yang baru saja masak dan masih berwarna hijau kekuningan. Bila sudah masak, simpan di lemari es dan jangan lupa dicuci terlebih dahulu sebelum dibuat jus.

Jus Jambu Biji

Bahan:
  • 75 gram jambu biji merah, buang kulit dan bijinya.
  • 50 gram air jeruk mandarin/baby/pontianak.





Cara membuat:
  • Blender daging jambu biji hingga halu, lalu angkat.
  • Tambahkan air jeruk manis, lalu aduk hingga merata.
  • Siap diminum.

Betapa dahsyatnya khasiat jambu biji merah ini untuk kesehatan manusia.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kedahsyatan Jambu Biji"

  1. jambu biji yang mentah juga saya suka, malah waktu kecil daunnya yang masih muda saya doyan

    ReplyDelete