Janin Sungsang Bisa Lahir Normal, Asalkan

Kehamilan pertama dengan posisi bayi sungsang, relatif lebih sulit. Kenapa hal itu bisa terjadi, karena panggul sang ibu belum teruji untuk dilewati oleh janin.


Karena bokong dan kepala bayi kelihatannya sama besar, namun padahal bokong itu kan tulang rawan yang diselimuti lemak, jadi relatif bisa menyesuaikan dengan jalan lahir. Kalau bokong keluar duluan, belum tentu kepala bisa keluar dengan mudah. Bahkan orang yang sudah terbiasa menolong orang dalam persalinan pun mengatakan bahwa lahir sungsang itu tidak bisa diprediksi, kadang gampang dan kadangkala sulit.

Sungsang Bisa Lahir Normal


Meski demikian, masih ada harapan untuk persalalinan normal untuk janin sungsang. Apa saja yang bisa menyebabkan perkataan, janin sungsang tapi bisa keluar dengan normal.

Alasannya apabila:
1. Panggul sang ibu luas.
2. Janin tidak terlalu besar.
3. Letak sungsang sempurna.






Jika ketiga point di atas terpenuhi, maka bisa dipastikan bahwa bayi akan lahir dengan normal-normal saja. Persalinan normal bukan hal yang mustahil dilakukan. Karena pada prinsipnya, letak sungsang adalah bokong di bawah, namun yang berada paling bawah bisa bermacam-macam, bisa bokong, lutut atau bahkan kaki.

Sungsang Sempurna

Disebut dengan sungsang sempurna adalah apabila bokong letaknya paling bawah. Jika bokong berada paling bawah, persalinan relatif lebih mudah. Lain halnya kalau yang paling bawah adalah kaki. Pada saat pembukaan jalan lahir belum lengkap, kaki bisa keluar lebih dulu dan akibatnya kepala janin bisa terjerat.





3 Resiko Persalinan Kondisi Sungsang

Perlu diketahui bahwa janin sungsang dengan persalinan normal bukan tanpa resiko. Pasti ada resiko yang harus diketahui bersama oleh orang tua calon bayi.

1. After Coming Head.
Tersangkutnya kepala pada jalan lahir.

2. Patah tulang pada janin, karena menolak untuk sungsang.

3. Luka pada jalan lahir relatif lebih banyak daripada persalinan normal.

Jika bokong sudah lahir, maka janin harus diputar agar lengannya, kemudian kepalanya. Jadi bukan seperti persalinan normal, yang jika kepala sudah lahir, maka tinggal tarik saja.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Janin Sungsang Bisa Lahir Normal, Asalkan"

Labels