8 Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

Bagi seorang wanita, yang namanya rambut itu bak mahkota, perhiasan alami tubuh yang tiada tara keberadaannya. Memang sih kalau sudah berusia lanjut, uban itu wajar-wajar saja. Namun bagaimana jadinya kalau masih muda sudah muncul "Si Putih", tentu sangatlah mengganggu sekali, membuatnya tidak percaya diri sama sekali. Apalagi kalau timbulnya banyak.


Yang jelas, rambut uban tidak muncul dengan sendirinya, pasti ada banyak faktor penyebab tumbuhnya uban terlalu dini ini. Salah satunya adalah disebabkan oleh stres. Stres bisa menyebabkan berkurangnya atau berhentinya produksi pigmen melanin, yaitu pigmen pewarna rambut yang dihasilkan oleh sel melanosit.

Nah, jika Anda masih tergolong muda, umur masih di bawah 20 tahunan, tapi sudah ada ubannya, bisa dipastikan hal ini karena ada pengaruh dari faktor keturunan. Gen yang membuat sel-sel rambut memproduksi pigmen melanin yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadinya si anak mewarisi kromoson dari kedua orang tuanya. Kemungkinan besar, akan selalu diturunkan terus menerus ke anak cucu, meskipun tidak selalu demikian adanya.

Untuk lebih jelasnya apa saja yang mempengaruhi munculnya uban ini, bisa disimak penjelasan di bawah ini dari berbagai sumber. Bagi yang disebabkan karena faktor keturunan, kayaknya sulit untuk disembuhkan, namun kalau kebiasaan-kebiasaan yang memicu uban, hal ini masih bisa dicegah.






8 enyebab Munculnya Uban di Usia Muda adalah:


1. Faktor genetik atau keturunan.

Pada umumnya, uban pada manusia akan muncul di usia sekitar 50-60 tahunan, akibat dari proses penuaan dan degenerasi. Semakin tua seseorang, maka produksi produksi pigmen melaninnya akan semakin turun dan lambat laun akan berhenti.

2. Stres.

Uban terjadi karena sel melanosit tidak mampu memproduksi pigmen melanin secara cukup. Berhentinya produksi pigmen ini diakibatkan stres yang bersifat sementara. Bila stres yang terjadi terus menerus, maka produksi pigmen rambut akan berkurang dan muncullah si putih.

3. Faktor hormonal.

Uban bisa juga timbul karena memiliki kelainan pada kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon tiroid. Kelenjar tiroid ini letaknya di bagian depan leher yang berfungsi untuk mengatur metabolisme energi tubuh, membuat protein, mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Oleh karenanya, bila kekurangan hormon tiroid (hipertiroid), bisa menyebabkan uban timbul lebih dini.

4. Gizi buruk.

Ketidakseimbangan asupan makanan harian menyebabkan tubuh akan kekurangan gizi dan mempengaruhi kesehatan rambut. Pada anak dan remaja yang menderita gizi buruk (malnutrisi), pada umumnya memiliki rambut yang tampak tak sehat.

5. Diet berlebihan.

Seorang wanita yang melakukan diet secara berlebihan juga dapat mengakibatkan kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini mengakibatkan tubuh dan rambut mengalami penuaan sebelum waktunya.





6. Penyakit penyerta.

Bagi mereka yang berusia masih muda namun menderita penyakit-penyakit berat seperti:
  • Gangguan metabolisme.
  • Masalah imunitas (kekebalan tubuh).
  • Gangguan fungsi ginjal.
  • Kelainan hormonal.
  • Paparan sinar X.
  • Penyakit albinism.
  • Penyakit vitiligo.

Penyakit albinism dan vitiligo ini, tubuh seseorang tak lagi mampu memproduksi pigmen sehingga menyebabkan rambut memutih dini.

7. Merokok.

Merokok memang full merugikan tubuh manusia, perokok aktif maupun orang yang ada di sekitarnya. Merokok dapat meningkatkan risiko uban prematur empat kali lebih besar dibandingkan mereka yang tidak merokok.

8. Salah pilih sampo dan kondisioner.

Menggunakan sampo dan kondisioner yang tidak sesuai dengan jenis rambut juga akan memicu timbulnya uban. Selain itu, kandungan sampo dan kondisioner yang mengandung bahan kimia terlalu tinggi dapat membuat rambut kehilangan pigmen.

Stres, gizi buruk, merokok dan penggunaan sampo masih bisa dilatih untuk menghindarinya. Namun di sisi faktor keturunan dan faktor hormon, akan sulit untuk menyelesaikan permasalahannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda"

Post a Comment