5 Gangguan Saluran Cerna Paling Populer

Tahukah kalian bahwa tubuh yang sehat berawal dari saluran cerna yang sehat pula. Sistem pencernaan yang sehat akan senantiasa menentukan kualitas kesehatan ke depannya.


Sistem pencernaan itu bukan semata-mata hanya sebagai tempat atau jalur penyerapan makanan saja, melainkan juga mampu mengatur sistem daya tahan tubuh. Kesehatan yang baik ditandai dengan kolonisasi yang baik. Apabila usus dilindungi bakteri atau kuman yang baik maka kinerja usus sebagai fungsi pencernaan dan penyerapan tentu akan baik.

Saluran cerna yang sehat akan didapatkan daya tahan tubuh yang baik sehingga kita tidak mudah menjadi sakit. Sebaliknya kalau sistem pencernaan kurang baik, akan menyebabkan daya tahan tubuh rendah. Imbasnya adalah kita menjadi mudah sakit, terjadi penurunan berat badan dan sebagainya.






5 Gangguan Saluran Cerna

Saluran cerna yang nyaman sangat tergantung dari anatomi saluran cerna dan fungsi saluran cerna. Apapu makanan yang dimakan akan dicerna menjadi bagian-bagian kecil yang dibutuhkan oleh tubuh, dan setelah dicerna maka akan diserap oleh tubuh.

1. Gangguan mengunyah.
Ini biasanya terjadi pada anak-anak karena mereka belum sempurnanya saluran cerna, anak menjadi sulit mengunyah atau menelan.

2. Muntah berulang.
Disebabkan karena adanya gerakan usus yang terganggu karena otot-otot bermasalah.





3. Kolik.
Yaitu sakit perut teramat sakit dan tidak bisa ditahan dan mengganggu saluran cerna.

4. Diare fungsional.
BAB dengan konsistensi cair lebih dari tiga kali dalam sehari.

5. Sembelit.
Yaitu tidak bisa BAB selama tiga hari atau dalam seminggu kurang dari dua kali. Akibanya perut terasa kembung, mual yang tak nyaman.

Jangan pernah anggap sepele kesehatan saluran cerna, karena saluran cerna yang sehat dan nyaman merupakan kunci penting dalam kualitas kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Gangguan Saluran Cerna Paling Populer"

Post a Comment

Labels