4 Cara Mencegah Over Training

Olahraga memang perlu dilakukan oleh manusia agar kebugaran tubuh tetap terjaga dengan baik. Namun jangan sampai melakukan olahraga yang berlebihan karena akibatnya bisa fatal bahkan kehilangan nyawa.

Training artinya sama dengan olahraga dan over artinya berlebihan. Jadi over training maknanya adalah olahraga yang terlalu berlebihan..


Olahraga merupakan salah satu faktor penting dalam melakukan gaya hidup sehat karena sangat baik untuk kesehatan juga penting dalam managemen penurunan berat badan. Namun jika olahraga dilakukan secara berlebihan akan menjadi sia sia dan tidak mendapatkan manfaat yang diharapkan.





Nah kondisi dimana seseorang melakukan olahraga secara berlebihan ini dikenal sebagai over training. Lalu bagaimana cara mencegah over training ini?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan :

1. Pilihlah jenis olahraga secara bergantian setiap hari untuk menghindari penggunaan sendi yang berlebihan, sehingga membantu mengurangi terjadinya injury.

Jika sudah terjadi injury sangat penting perhatikan frekuensi atau intensitas olahraga yang dilakukan agar tidak memperberat injury nya.

2. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan jangan dipaksakan, pada tahap awal dilakukan secara bertahap dan jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melakukan olahraga.

3. Jika perlu berlatihlah dengan instruktur atau pelatih olahraga untuk mengajarkan bentuk dan tehnik yang tepat agar tidak terjadi injury.

4. Jika timbul gangguan pada siklus menstruasi, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah terjadinya kerapuhan tulang akibat gangguan hormonal yang terjadi.

sumber: health.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Mencegah Over Training"

Post a Comment

Labels