13 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Semua tentu sudah pada kenal dan familier sekali dengan bahan herbal yang satu ini, jahe yang bernama ilmiah "Zingiber Officinale" yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur maupun bahan obat-obatan.

Jahe banyak diolah oleh manusia sebagai minuman penghangat saat cuaca dingin. Tapi tahukah kalian bahwa sebenarnya jahe itu bukan saja sekedar bermanfaat sebagai penghangat tubuh. Namun ia juga memiliki beragam khasiat lain, mulai dari menurunkan kolesterol, menangkal radikal bebas hingga mampu memerangi sel kanker.


Rimpang jahe mengandung senyawa kimia berupa:
  • Gingerol.
  • Minyak terbang.
  • Limonele.
  • Alfa linoleat.
  • Tepung kanji.

Khasiat jahe diantaranya adalah sebagai antitromotik, antikarsinogen, dan antitumor. Jahe sekurangnya mengandung 19 komponen bioaktif yang berguna bagi tubuh. Komponen yang paling utama adalah Gingerol yang bersifat antikoagulan yaitu mencegah penggumpalan darah, mencegah tersumbatnya pembuluh darah, mencegah penyebab stroke, mencegah serangan jantung.






Konon sebelum diketahui dengan pasti manfaat jahe, zaman Nabi SAW sudah diendus kedahsyatan khasiatnya. Seorang Abu Na'im meriwayatkan dari hadits Abu Said Al Khudri ra, bahwa ia menceritakan,
"Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah SAW satu karung jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan."

Hal ini dilakukan oleh Nabi SAW karena Beliau mengetahui apa khasiat jahe ini dan ingin semua sahabatnya merasakan manfaat dari tanaman ini. Bukan itu saja, bahkan nama obat herbal ini juga disinggung dalam Al Qur'an Surat Al Insaan ayat 17-20.

Berikut ini 13 Manfaat Jahe untuk Kesehatan:


1. Melancarkan peredaran darah.

Manfaat jahe yang pertama adalah untuk melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat mencegah terjadinya penggunpalan darah.

2. Menurunkan kolesterol.

Gingerol juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Memblok serotonin yaitu senyawa kimia pembawa pesan dan senyawa ini menyebabkan perut kembung hingga rasa mual.

3. Mengobati migrain.

Sebuah studi menyatakan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin yang merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian jahe dapat mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

4. Menurunkan tekanan darah.

Jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, yang mengakibatkan darah dapat mengalir lebih lancar dan cepat serta meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

5. Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur.

Manfaat jahe yang lain adalah untuk menjaga keteraturan siklus menstruasi bagi wanita. Di negara Cina, jahe yang dicampur dengan gula merah, bisa mengurangi kram pada saat datang bulan.


6. Sebagai obat jerawat.

Jahe bisa membantu mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah. Dianjurkan untuk mengonsumsi 4 gram jahe dalam sehari, jangan berlebihan.

7. Mengobati morning sickness.

Mengatasi rasa mual, perut kembung, dan rasa ingin muntah pada pagi hari termasuk pada wanita yang sedang hamil.

8. Menangkal radikal bebas.

Jahe mengandung antioksidan yang mampu mengatasi efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas.





9. Peradangan.

Karena kandungan gingerollah yang mampu berperan sebagai obat anti peradangan.

10. Arthritis.

Ekstrak jahe juga bermanfaat bagi penderita arthritis dan osteoarthritis karena dalam jahe terdapat kandungan COX yaitu salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggungjawab timbulnya anti peradangan.

11. Memerangi sel kanker.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jahe dapat bermanfaat untuk membantu meredam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

12. Meredakan rasa sakit.

Sebagai pereda rasa sakit yang alami. Caranya cukup dibuat sebagai wedang jahe saja.

13. Pereda nyeri dan sendi kaku.

Jahe bisa meningkatkan pergerakan pada sendi dan mengurangi pembenkakan.

Selain yang tersebut di atas, masih banyak lagi khasiat bahan herbal yang satu ini untuk kesehatan tubuh manusia. Tak hanya rasanya yang nyaman saat dikonsumsi namun juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "13 Manfaat Jahe untuk Kesehatan"

  1. menghangatkan badan juga iya mas hehehe saya suka minum susu jahe :p

    ReplyDelete

Labels