11 Penyakit yang Lama Sembuhnya

Berhati-hatilah dengan penyakit-penyakit berikut ini karena bisa memakan waktu yang lama untuk sembuh. Penyakit yang pada mulanya hanya menumpang lewat saja, justru bisa jadi membutuhkan proses penyembuhan dan penanganan yang lebih serius. Ada juga artis Indonesia yang mengalaminya.


Selain dari daya tahan tubuh yang rendah, kemudian dibarengi oleh adanya cuaca ekstrem yang tiada menentu seperti saat ini, hujan, panas terik, debu dan angin, bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit terutama yang dikendalikan oleh virus dan bakteri.

Kalau tak cepat dan tepat ditangani, kesembuhan akan memakan waktu lama, apalagi kalau menyerang anak-anak. Pada anak atau dewasa, penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, hampir sama gejalanya.

Beda Penyakit yang Disebabkan Bakteri dan Virus


Penyakit yang disebabkan oleh virus pada umumnya tubuh tidak mengalami demam terlalu tinggi, nampak pucat, masih mau makan dan minum, juga masih aktif, bisa tidur, batuk yang melanda tak begitu lama.

Sementara penyakit yang disebabkan oleh bakteri biasanya kebalikannya, orang tidak mau makan maupun minum, berat badan menurun, kemudian kalau batuk terlihat tak sempat untuk mengambil nafas. Tidak bisa tidur, dibarengi dengan bibir yang berwarna biru serta mata kemerah-merahan.






11 Penyakit yang Lama Sembuhnya adalah:


1. Meningitis (Radang otak).

Penyebabnya adalah bakteri streptococus meningitis atau virus yang menyerang selaput rdang otak. Penularannya melalui udara.

2. Radang Paru-Paru (Bronkiolitis).

Yaitu penyakit infeksi paru-paru yang sering terjadi pada anak, menyebabkan penyumbatan saluran nafas kecil pada paru-paru. Penyebabnya adalah virus.

3. Batuk rejan (pertusis / batuk 100 hari).

Batuk ini berlangsung lama dan dapat menyebabkan kematian, sangat menular dan penyebabnya adalah bakteri Bordetella pertusis.

4. Hepatitis B.

Disebabkan oleh hepatitis B, menyebabkan peradangan hati akut bahkan bisa menahun dan bisa berlanjut kepada penyakit kanker hati.

5. Pneumonia.

Penyebabnya adalah bakteri streptococus pneumonia. Merupakan penyakit yang menyerang paru-paru dan selaput radang otak.

6. Batuk karena Asma.

Pencetus asma akan merangsang produksi lendir dan penyempitan saluran nafas, mengi dan batuk. Penyebabnya dipicu oleh bulu binatang, debu, asap rokok, bau-bau wangi dan sebagainya.

7. Bronkitis.

Infeksi saluran nafas di bagian bronkus (cabang tenggorokan) yang berlangsung lama dan berulang. Penyebabnya infeksi bakteri sekunder yang menyertai infeksi virus saluran nafas bagian atas.




8. Tuberkulosis (TB).

Penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri mikrobakterium.

9. Ensefalitis.

Penyakit reaksi peradangan otak. Penyebab terbanyak adalah virus herpes simplek, bisa pula bakteri.

10. Diare Kronis.

Penyebabnya adalah karena gangguan nutrisi, bisa bakteri atau virus tertentu.

11. Tipus (Demam Tifoid).

Penyakit infeksi virus akut yang ditandai dengan demam yang cukup tinggi, diare, buang air dan sakit kepala hebat. Penyebabnya adalah Salmonella typhosa.

Nah, itulah kesebelasan penyakit yang lama sembuhnya, harus dihadapi dengan penuh kesabaran oleh pasien atau orang terdekatnya karena final yang bisa dicapai adalah kematian. Mungkin lain waktu saja akan dijelaskan mengenai gejala, pengobatan dan pencegahan penyakit-penyakit di atas agar tidak terjadi pada kita bersama keluarga tercinta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Penyakit yang Lama Sembuhnya"

Post a Comment

Labels