Fakta Seputar Tidur Bayi

Bayi yang baru dilahirkan akan memiliki jam tidur yang sangat banyak, sekitar enam belas jam dalam sehari terkadang bisa lebih dari itu, hanya terjga beberapa jam saja bertatap muka dengan orang tuanya.


Posisi tidur dari bayi juga sanga menentukan kenyenyakan tidurnya dan ada berbagai macam posisi tidur bayi, tergantung seberapa nyamannya si bayi tidur.

Bayi biasanya akan tidur dengan nyaman ketika sedang tidur tidak memakai bantal atau alas kepala, soalnya dengan memakai bantal, justru akan membuat si bayi tidak nyaman karena bagian otot-otot lehernya merasa terganggu, begitu juga dengan bagian tulang belakangnya yang masih lunik.

Tidur Tanpa Bantal

Seperti banyak diketahui oleh orang, salah satu penggunaan bantal saat tidur adalah agar tidur lebih nyaman, apalagi bantal yang dipakai sangatlah empuk. Namun ternyata tidur dengan bantal tipis atau bahkan tanpa bantal pun akan lebih baik bagi otot-otot leher dan perkembangan tulang belakang si kecil.

Bantal yang terlalu tinggi justru akan membebani kepala dan membuat otot-otot leher menjadi menegang dan tidak bisa rileks.




Tidur 14-16 jam Sehari

Jangan kaget kalau bayi yang baru lahir bisa tidur selama 16 jam setiap harinya, bahkan bisa lebih. Bayi yang baru lahir memiliki fase tidur yang berbeda, yaitu:
  • Mengantuk.
  • Gerakan mata cepat (REM = Rapid Eye Movement).
  • Tidur ringan.
  • Tidur nyenyak.
  • Dan tidur sangat nyenyak.




Seiring dengan pertumbuhan bayi, tahapan tidur itu pun akan meningkat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Seputar Tidur Bayi"

Post a Comment