Agar Gatal tak Menetap

Jika kulit tubuh terasa gatal, paling enak adalah dengan menggaruknya. Namun jika rasa gatalnya masih saja membandel, jangan beri ampun dan ikutilah tips yang dijelaskan di bawah ini.


Juga jangan anggap remeh gatal di tubuh karena bisa jadi rasa gatal yang kalian alami adalah pertanda akan segera diserang penyakit tertentu. Memang gatal pada kulit biasanya disebabkan oleh jamur dan parasit, namun belum tentu juga. Tetap jaga kesehatan kulit adalah cara tepat untuk mencegahnya.




Berikut ini beberapa tips untuk mencegah rasa gatal pada kulit.

1. Usap.
Langkah yang paling bijak adalah dengan mengusap bagian kulit yang terasa gatal.

2. Pilih makanan.
Saat ada keluhan gatal pada kulit, hindari makanan yang mengandung kafein dan makanan pedas.

3. Kompres.
Jika gatal tetap membandel, ambil kain planel kemudia basahi air dingin lalu kompreskan pada bagian yang terasa gatal.

4. Potong kuku.
Saat gatal mendera, paling enak menggaruknya, karena itu pastikan kuku terpotong pendek dan rapi. Hal ini untuk menghindari luka jika tidak bisa menahan diri untuk menggaruk pada area yang gatal.




5. Air dingin.
Hindari penggunaan air hangat. Pilihlah air dingin karena air dingin dapat melembabkan kulit serta meredakan rasa gatal. Selain itu, batasi waktu mandi tidak lebih dari 20 menit.

6. Pakaian.
Pilih pakaian yang lembut dan dapat menyerap keringat. Hindari pakaian yang berserat kasar seperti wool dan pakaian ketat.

7. Lotion.
Jangan lupa oleskan lotion setelah mandi untuk membuat kulit tetap lembab.

Dari itu, jangan terlalu sering menggunakan air panas setiap hari di saat akan mandi karena ternyata air panas adalah salah satu pernyebab rasa gatal. Dengan memakai air yang panas, maka kulit akan menjadi kering sehingga rasa gatal kemungkinan besar akan segera muncul. Pakai air dingin agar kulit menjadi lembab.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Gatal tak Menetap"

Post a Comment