7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu orhan tubuh yang sangat penting karena mempunyai fungsi yang beragam. Selain penyaring sisa metabolisme tubuh, ginjal juga sebagai penyeimbang cairan, elektrolit dan zat kimia dalam tubuh seperti sodium, kalium dan mengatur produksi urin.


Ginjal juga ikut berperan dalam pengaturan tekanan darah. Jika fungsi ginjal terganggu, maka akan mengganggu sistem tubuh, baik sistem pencernaan, sistem pernafasan, sistem saraf, sistem jantung dan pembuluh darah.

Akibat gangguan fungsi ginjal, seseorang akan mengalami muntah-muntah, kaki bengkak serta pucat. Bila sudah tampak gejala yang terlihat, biasanya sudah memasuki stadium yang sudah lanjut. Padahal penyakit ini tidak bisa dikembalikan secara normal kembali seperti semula.

Hati-hati...
Kalau ginjal tidak dijaga dengan benar maka akan bisa terjadi gagal ginjal, seperti yang dialami okeh Gitaris "SLANK", Abdee Negara. Beliau sempat dirawat di rumah sakit, dan sempat dijenguk juga oleh Presiden RI, Bapak Jokowi. Perlu diketahui bahwa para pasien gagal ginjal itu tidak meninggal akibat gagal ginjal, melainkan komplikasi kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).






Untuk menghindari gagal ginjal, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal sebagai berikut ini.

7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal:

1. Mengatur pola makan.
Ini merupakan tips ampuh untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang ditanam tanpa pupuk kimia (organik). Jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam yang berlebihan, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.

2. Rajin olahraga.
Merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal, dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi hari.

3. Jaga berat badan.
Berat badan yang berlebih, apalagi obesitas, sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.

4. Jauhi Alkohol dan rokok.
Tembakau yang dihisap tiap hari bisa merusak paru-paru dan ginjal. Selain itu bisa menjadi salah satu penyebab penyakit mengerikan yaitu gagal ginjal.

5. Minumlah air putih.
Minumlah air putih 6-8 gelas dalam sehari, ini akan sangat baik untuk menjaga dan marawat ginjal.




6. Hindari stres.
Stres bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik, dan kalau tekanan darah naik, maka resiko terserang penyakit ginjal pun akan semakin besar.

7. Hindari beberapa obat antibiotik dan anti nyeri.
Hal ini dikarenakan dapat merusak ginjal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal"

Post a Comment