5 Ramuan Alami Ketumbar untuk Sembuhkan Penyakit

Indonesia kaya akan kekayaan alamnya termasuk kaya akan rempah-rempah dan bumbu dapur ini memiliki beragam khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya cukup rebus ketumbar dan ditambah dengan bahan lain yaitu seledri.



Ketumbar atau tumbar mempunyai nama latin "Coriandrum Sativum". Dia ini ukurannya kecil buahnya berbentuk agak bulat dan kalau sudah dikeringkan maka bisa menjadi bumbu masak.

Penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan ketumbar ini adalah sebagai berikut:
1. Mengatasi kolesterol.
2. Membuang racun.
3. Menjaga kesehatan hati.
4. Menyembuhkan perut kembung.
5. Meredakan sakit kepala.
6. Menurunkan tekanan datah tinggi.
7. Menyembuhkan influenza.
8. Meredakan batuk.





Bukan main khasiat dan manfaat dari ketumbar ini untuk kesehatan manusia. Tak menyangka, buah yang bentuk kecil seperti itu tapi dibalik bentuk kecilnya menyimpan sejuta manfaat. Bahan obat yang alami sangat mudah diuraikan dan dikeluarkan oleh tubuh sesudah masa pemakainannya habis, tidak seperti obat kimia.

5 Ramuan Alami Ketumbar untuk Sembuhkan Penyakit


Anda bisa menggunakan ketumbar untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Kalau sudah diketahui resep atau cara membuatnya, kenapa tidak memilih bahan alami ini saja dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

1. Sakit kepala.
Tumbuklah beberapa biji ketumbar, biji pinang, beberapa lembar daun sirih, rimpang bangle dan pacar jawa. Setelah halus kemudian tambahkan air sedikit dan segera oleskan pada bagian yang dirasa sakit.

2. Perut kembung.
Ambil beberapa biji ketumbar, beberapa lembar daun katuk, bawang merah, dan buah pinang secukupnya. Kemudian tumbuklah hingga halus, setelah itu diberi air dan adauk hingga rata. Lalu tempelkan ramuan tersebut pada perut yang kembung.

3. Hipertensi.
Rebus ketumbar hingga mendidih lalu tambahkan seledri. Saring air rebusannya dan minum setiap hari.




4. Influenza.
Rebus ketumbar, jahe, daun bawang putih dan tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini secara rutin.

5. Batuk.
Rebus kayu manis, ketumbar, daun kumis kucing dan gula aren. Lalu daring dan minum secara rutin.

Ketumbar memiliki kandungan senyawa asam, asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat. Karena kandungan inilah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Ramuan Alami Ketumbar untuk Sembuhkan Penyakit"

Post a Comment

Labels