5 Cara Bijak Meniup Mata saat Kelilipan

Pada saat kita kecil dahulu seringkali ketika mata kelilipan, ibu kita menyuruh kita membelalakkan mata kemudian meniupnya dengan tujuan agar sesuatu yang masuk ke mata kita tadi keluar. Atau biasa dengan refleks, tangan kita mengucek mata yang kemasukan debu tadi. Mungkin saja diantara kalian ada yang mengalami seperti itu.


Padahal sebenarnya cara tersebut tidaklah efektif dilakukan karena sebenarnya serpihan debu yang masuk ke bola mata akan keluar dengan sendirinya bersamaan dengan air mata atau dengan cara mengedip-ngedipkan mata.

Air mata memang memiliki manfaat yang besar sekali karena dia memiliki enzim yang bersifat anti bakteri sehingga mata kita tak mudah mengalami infeksi ketika kemasukan benda asing.

Meniup mata yang kelilipan mungkin saja bisa membahayakan mata atau akan membuat mata mengalami iritasi. Apalagi kalau sampai dikucek dengan tangan. Jadi bijaksanalah dalam melakukannya karena mungkin saja ada bahaya yang mengintai dibalik kebiasaan tersebut.





Nah, untuk menangani mata yang kelilipan, sebaiknya melakukan tindakan di bawah ini.

5 Cara Bijak Meniup Mata saat Kelilipan

1. Cuci tangan.
Sebelum memegang mata, cucilah tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

2. Hindari Mengucek Mata.
Mengucek mata hanya akan membuat gesekan dan luka pada kornea mata, bahkan akan membuat mata menjadi merah dan luka.

3. Siapkan Air bersih.
Siapkanlah baskom kosong dan isi air bersih suam-suam kuku (bukan air panas). Lalu basuh mata dengan air mengalir hingga serpihan debu keluar dan mata nyaman kembali.

4. Obat tetes mata.
Bila mata masih terlihat memerah, bisa diberi obat tetes mata yang berfungsi mengurangi iritasi pada mata.




5. Bawa ke dokter mata.
Ini langkah terakhir. Apabila sudah melakukan langkah di atas namun tidak menunjukkan tanda-tanda membaik, segera bawa ke dokter mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Mata adalah jendela dunia. Melalui mata, kita bisa menjadi lebih mengetahui hal-hal baru serta makin menjadi pintar dari sebelumnya. Dari itu, jagalah organ mata sebaik-baiknya dan kalau mengalami gangguan, segera lakukanlah penanganan secara bijaksana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Bijak Meniup Mata saat Kelilipan"

Post a Comment