3 Fungsi Utama Kandung Empedu

Kandung empedu termasuk salah satu dari enam organ dalam yang berongga. Kandung empedu dengan hati berhubungan dan terletak di antara daun hati yang pendek. Antara hati dengan kandung empedu dihubungkan oleh meridian atau saluran energi.


Kandung empedu terletak tepat di bawah hati dan berfungsi untuk menyimpan cairan empedu yang diproduksi oleh hati. Kandung empedu ini bisa menyimpan sebanyak 0,4 liter cairan empedu. Hati setiap harinya bisa menghasilkan sekitar 1 liter cairan empedu.

Cairan empedu adalah cairan yang berwarna hijau kekuningan yang diperlukan untuk pencernaan makanan berlemak di usus kecil.





3 Fungsi Utama Kandung Empedu adalah:

1. Untuk menyimpan cairan empedu.
Rasanya pahit, membantu mencernakkan makanan dan minuman. Keberadaannya merupakan syarat penting agar supaya fungsi transportasi dari limpa ke lambung bisa berjalan dengan lancar.

2. Menskresikan cairan empedu.
Apabila fungsi menyebarkan dan melonggarkan dari hati berjalan dengan normal, maka sekresi cairan empedu juga akan berjalan lancar sehingga transportasi limpa lambung akan berjalan dengan baik.

3. Sebagai penentu keputusan.
Apabila kandung empedu lemah atau kurang, maka penderita akan sering menarik nafas panjang, sering merasa resah, dan tidak berani mengambil keputusan.

Intinya, fungsi utama kandung empedu adalah untuk menyimpan dan menskresikan cairan empedu. Cairan empedu ini secara langsung akan membantu pencernaan.




Batu Empedu


Kemudian bagaimana kalau seseorang divonis sakit batu empedu...
Batu empedu sangatlah berbahaya karena jika tidak ada perawatan sama sekali, bisa mengakibatkan komplikasi fatal seperti:
Sobeknya kandung empedu.
Gagal hati.
Radang pankreas.

Setiap tahun, ribuan penderita harus dioperasi untuk diangkat kandung empedunya, meskipun sangat beresiko. Atau bahkan tidak sedikit juga yang meninggal dunia akibat kasus batu empedu yang tidak segera melakukan tindakan yang benar.

Mungkin saja seseorang mengidap batu empedu tapi belum merasakannya. Jutaan orang mengidap silent Gallstone, dimana ukuran batu masih sangat kecil dan tidak mengganggu. Namun batu ini lama kelamaan akan menjadi besar dan barulah seseorang merasakan sakitnya, bahkan bisa mempengaruhi organ yang sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Fungsi Utama Kandung Empedu"

Post a Comment