Kenali Gejala Khas Serangan Jantung pada Perempuan

Kalau kita lihat, penyakit jantung ini lebih identik sebagai penyakitnya para pria, padahal sebenarnya tidaklah demikian adanya. Sebab, dikarenakan oleh beberapa faktor seperti genetik, hormon dan ras hingga gaya hidup yang tidak sehat, bisa saja membuat resiko penyakit jantung pada perempuan meningkat.


Gejala dan tang-tanda serangan jantung pada wanite berbeda dengan laki-laki meskipun ada persamaan yaitu terdapat sakit pada daerah dada sebelah kiri. Secara umum, gejala khas serangan jantung adalah nyeri pada dada sebelah kiri secara tiba-tiba yang menjalar ke lengan kiri.

Namun, gejala khas ini lebih sering terjadi pada pria. Sedangkan pada wanita, gejala serangan jantung bisa sangat tidak khas sehingga tidak mudah terdeteksi oleh yang bersangkutan. Berikut ini ada beberapa gejala serangan jantung pada wanita yang harus diwaspadai.





Kenali Gejala Khas Serangan Jantung pada Perempuan


1. Nyeri dada seperti ditekan atau ditimpa benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada yang terjadi selama beberapa menit atau hilang timbul.

2. Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher dan rahang ysng tidak jelas penyebabnya, seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat.

3. Nyeri di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas.

4. Sulit bernafas dengan nyeri dada atau tanpa nyeri dada.

5. Mual dan muntah tanpa sebab yang jelas.

6. Pusing, rasa melayang, pingsan, gangguan tidur tanpa sebab yang jelas.

7. Keringat dingin yang berlebihan.

8. Rasa lelah meskipun ketika sedang duduk atau beristirahat.





Rata-rata gejala akan terjadi serangan jantung pada wanita adalah sakit yang penyebabnya tidak jelas seperti mengalami pusing, rasa melayang, pingsan, gangguan tidur tanpa sebab yang jelas.

Ingat bahwa ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa dibandingkan pria, perempuan memiliki kualitas dan angka harapan hidup yang lebih kecil pasca serangan jantung. Hal itu dikarenakan gangguan jantung pada perempuan lebuh mungkin terjadi di area pembuluh arteri kecil pada jantung.

Ketika pembuluh-pembuluh itu terganggu dan tidak mampu lagi bekerja secara normal, maka pompaan darah ke jantung akan semakin kecil pula.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Gejala Khas Serangan Jantung pada Perempuan"

Post a Comment