Kapan Seharusnya Persalinan Caesar ?

Persalinan caesar ternyata tak hanya pada kondisi tertentu saja, tapi justru sudah menjadi tren. Meskipun dianggap sebagai solusi untuk mengurangi rasa sakit, persalinan caesar ternyata mempunyai dampak lebih buruk daripada persalinan normal. Selain resiko kematian, luka akibat operasi juga akan memakan waktu lama penyembuhannya.


Di Indonesia ini kurang lebih ada sebanyak 43 persen dari kasus persalinan caesar dilakukan karena sang ibu tak dapat melebarkan bukaan atau karena bayi tidak mau turun ke jalan lahir.

Perlu diketahui bahwa untuk menentukan operasi caesar, biasanya calon ibu harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan terlebih dahulu. Dokter akan menyarankan melahirkan secara normal jika kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat.

Dikatakan sehat jika:
  • Pada usia kehamilan 37 minggu.
  • Kepala bayi berada di bawah.
  • Telah terjadi pembukaan.






Jika ditemukan tanda-tanda seperti ini, kemungkinan besar calon ibu akan melahirkan secara normal.

Tindakan operasi caesar dilakukan jika:
  1. Waktu persalinan mengalami kemunduran selama 2 minggu dari tanggal perkiraan.
  2. Jelang persalinan, janin terlilit tali pusar.
  3. Terjadi pendarahan sebelum proses melahirkan.
  4. Calon ibu mengalami gejala preeklampsia seperti tekanan darah ibi naik, tubuh membengkak.
  5. Panggul calon ibu kecil serta ukuran janin.
  6. Letak bayi sungsang.
  7. Calon ibu kelelahan.

Operasi caesar disarankan juga apabila calon ibu mengalami gejala preeklampsia yang mana tekanan daraqh sang ibu tiba-tiba meningkat dan tubuhnya membengkak. Kondisi semacam ini jika dibiarkan, maka sang ibu akan mengalami kejang-kejang.

Sejauh ini ada beberapa indikasi mengenai masalah yang dihadapi calon ibu dan anak selain masalah medis sehingga harus melakukan tindakan operasi diantaranya adalah ukuran panggul calon ibu yang memiliki ukuran lebih kecil dari ukuran normalnya yang seharusnya berukuran kurang lebih 6 cm. Dan melihat juga ukuran kepala janin apa ternyata lebih besar daripada ukuran panggul ibu.





Adapun kondisi gawat janin, dimana karena hal-hal tertentu telah terjadi penurunan kondisi pada janin sehingga terjadi keadaan darurat pada janin saat masih berada dalam rahim.

Ditambahkan pula jika kondisi letak bayi di dalam kandungan yang melintang atau biasa dikenal dengan istilah sungsang. Ada juga beberapa kasus seperti kondisi kelelahan saat proses persalinan normal sehingga harus dialihkan ke tindakan operasi biar bayi dan calon ibu terselamatkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Seharusnya Persalinan Caesar ?"

Post a Comment

Labels