Duduk Lama Rentan Diabetes ?

Waspadai jika Anda duduk terlalu lama ketimbang bergerak melakukan aktivitas. Sebab, mereka yang kurang gerak ternyata rentan mengalami diabetes.


Masalah diabetes sekarang ini bukan lagi problem keturunan atau masalah di antara orang-orang berduit saja. Diabetes telah melanda dunia dan terus akan bertambah jumlahnya. Dan diabetes yang paling sering diderita orang adalah diabetes tipe 2, yaitu diabetes yang disebabkan oleh gaya hidup manusia.







Seseorang yang memiliki life style buruk, mereka memiliki insulin, namun tidak bisa bekerja dengan baik karena gaya hidupnya yang tidak baik. Gaya hidup yang buruk itu contohnya adalah kita suka menghilangkan sarapan pagi, atau setelah makan malam kita sering duduk-duduk nongkrong sampai malam sambil makan atau sekedar ngemil hingga kenyang, lalu minimnya aktivitas yang membakar kalori.

Kebiasaan itulah yang membuat kita semakin bertambah gemuk dan akhirnya menimbulkan diabetes.

Terlalu Banyak Duduk

Selain itu, orang yang suka duduk-duduk atau yang setiap harinya bekerja menghadap laptop terlalu lama bisa juga memicu diabetes. Namun bukan duduknya yang menyebabkan diabetes, tetapi kebiasaan kurang gerak itulah yang menjadi penyebabnya karena tidak ada pembakaran kalori di dalam tubuhnya.

Kalori terus masuk ke dalam tubuh, namun tak ada yang dibakar. Sehingga lemak yang menumpuk di dalam perut menghalangi kerja insulin dan akhirnya orang terkena diabetes. Jadi, sekalipun tidak ada riwayat keturunan diabetes, seseorang bisa saja terkena diabetes karena gaya hidupnya sendiri.





Penyakit diabetes tak mengenal usia sama sekali. Satu dari lima orang usia 50 tahun terkena diabetes. Satu dari empat orang usia 60 tahun bisa terkena diabetes. Namun, memang rata-rata penderita diabetes adalah orang-orang yang sudah tua. Karena semakin tua seseorang pankreasnya semakin mundur, kemampuan insulinnya juga makin berkurang.

Anak muda yang gemuk pun tetap mempunyai potensi terkena diabetes ini. Memang sih orang yang gemuk tidak selalu mengidap diabetes pada saat itu juga, Namun, orang yang gemuk suatu saat pasti akan terkena diabetes jika tidak segera menurunkan berat badan dan merubah pola hidupnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Duduk Lama Rentan Diabetes ?"

Post a Comment

Labels