6 Manfaat Susu Hewan Ternak

Susu adalah minuman yang menyehatkan serta bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Selain itu, minuman ini sudah ada sejak zaman dahulu, dan belum ada minuman yang setara dan bisa menggantikan keberadaan susu ini.

Pada zaman dahulu, susu telah dipakai sebagai bahan pokok manusia. Manusia mengambil susu dari hewan yang memiliki kelenjar susu, seperti sapi dan kambing. Susu sangat baik diminum oleh semua orang dari lapisan usia yang berbeda-beda, mulai dari orang tua, anak kecil, ibu hamil hingga balita.


Karenanya, susu sangat istimewa karena banyak mengandung banyak manfaat. Dan para pakar kesehatan telah sepakat bahwa hingga saat ini tak ada satupun makanan yang bisa menggangikan makanan dan minuman melebihi susu.

Kandungan Susu Hewan Ternak

Susu merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, terutama kandungan kalsiumnya sehingga susu telah lama dikenal dan berperan penting dalam kesehatan tulang.
Dalam segelas susu mengandung :
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Kalsium.
  • Riboflavin.
  • Fosfor.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B12.
  • Kalium.
  • Magnesium.
  • Seng.

Susu sejak dulu dijadikan sumber asupan yang menyempurnakan gizi untuk kebutuhan tubuh, yaitu "4 Sehat, 5 Sempurna". Sempurna oleh susu. Karena kandungan nutrisinya yang lengkap, susu mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.




6 Manfaat Susu Hewan Ternak

1. Menjaga kesehatan gigi dan tulang.
Kandungan kalsium dalam susu berperan untuk kesehatan tulang. Kalsium tak hanya baik untuk tulang saja, namun juga menjaga kesehatan gigi dan mencegah osteoporosis dini.

2. Sumber kalsium dan protein.
Beberapa produk susu mengandung kalsium dan protein dengan tingkat yang tinggi, lebih dari kebutuhan harian yang terdapat zat ini.

3. Memperbaiki tekanan darah.
Penelitian di Spanyol, mereka yang dilaporkan mengonsumsi susu rendah lemak, 54% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan tekanan darah tinggi selama periode dua tahun.

4. Menjaga berat badan.
Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, malah bisa menurunkan berat badan mereka ketimbang yang tidak. Susu bisa menjadi camilan sehat dengan menambahkan potongan buah-buahan ke dalam segelas susu untuk makan malam.




5. Mengurangi Stres.
Minum susu di akhir hari adalah salah satu cara ysng terbaik setelah penat seharian berkativitas. Segelas susu hangat bisa mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf.

6. Mempengaruhi kesuburan untuk mendapatkan anak.
Sebuah penelitian di Universitas Havard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak sekitar 25%, lebih kecil kemungkinannya untuk menderita masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang minum sedikit.

Apakah Anda sedang melakukan program untuk memiliki keturunan? Maka tambahkan saja susu ke dalam menu makanan sehari-hari.
Demikian manfaat dan khasiat susu hewan ternak yang bisa diketahui.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Manfaat Susu Hewan Ternak"

Post a Comment