4 Tips Memilih dan Menyimpan Gandum

Gandum adalah salah satu bahan makanan yang dikenal sejak zaman dahulu, penuh manfaat serta menyehatkan. Kini gandum sudah menjadi pilihan alternatif makanan pokok yang banyak digemari. Namun, tak hanya saat ini saja, dahulu sejak zaman para nabi pun juga sudah ada yang mengonsumsinya.


Bagi para penderita sakit kolesterol dan darah tinggi, gandum bisa menjadi pilihan alternatif makanan pokok sehari-harinya. Gandum banyak mengandung senyawa fitokimia yaitu suatu senyawa dalam tanaman yang mempunyai pengaruh positif terhadap kesehatan manusia, mampu menekan resiko penyakit jantung koroner.






Gandum (Triticum spp.) adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Nah, bagi Anda yang penggermar gandum, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih dan menyimpan gandum.

4 Tips Memilih dan Menyimpan Gandum


1. Pastikan tepung gandum tidak lembab dan tidak terlihat berembun.

2. Jika Anda membeli tepung gandum dalam kemasan.
Pastikan ia tertutup rapat, bahkan lebih baik adalah yang dibungkus dengan kemasan hampa udara sehingga mengurangi resiko berbau tengik.



3. Simpan tepung gandum pada tempat sejuk, kering dan gelap.
Yang lebih baik adalah menyimpannya pada wadah yang rapat, kemudian dimasukkan ke dalam kulkas.

4. Untuk memasak gandum, bentuk olahan yang paling populer adalah roti.
Untuk si kecil, Anda juga bisa menambahkan wheat flakes pada resep kesukaannya.

Sampai sejauh ini, kebanyakan orang lebih memilih mengonsumsi roti putih ketimbang roti gandum. Padahal roti gandum lebih menyehatkan dibandingkan dengan roti putih. Roti gandum rasanya kurang populer, masih kalah populer dengan roti putih. Selain harganya yang lebih mahal sedikit dan sulit didapat, banyak orang berpikir bahwa roti putih lebih bersih, murni serta lebih aman untuk dikonsumsi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips Memilih dan Menyimpan Gandum"

Post a Comment

Labels