3 Penyebab Sariawan dan Cara Menghindarinya

Sariawan adalah sebuah luka terbuka di dalam mulut yang bisa menimbulkan rasa nyeri, terutama sekali pada saat mulut digerakkan misalnya untuk berbicara maupun untuk mengunyah makanan. Penyakit sariawan ini akan hilang dengan sendirinya kurang lebih selama dua minggu setelah sakit pertama kali dirasakan oleh pasien.


Sariawan disebut juga dengan canker sores, ulkus afiosa, seriawan, atau stomatitis aftosa sangatlah mengganggu penderitanya meskipun sebenarnya bukanlah penyakit yang serius.





Pernahkah kalian mengalami sakit ini, namun setelah diobati tapi beberapa hari kemudian muncul kembali sakit sariawan. Sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya kok bisa sering muncul hal seperti ini.

3 Penyebab Sariawan

Sariawan itu sebenarnya disebabkan oleh tiga hal ini.
  1. Alergi.
  2. Hormonal.
  3. Stres.

Alergi.

Jika disebabkan oleh alergi, maka cara menghindarinya adalah dengan cara menghindari pencetus timbulnya alergi, seperti debu, suhu yang dingin, atau makanan seperti nanas, pisang, tergantung dari pencetus alergi tersebut.





Hormonal.

Hormonal ini biasanya terjadi pada wanita, dan jika penyebabnya adalah hormonal itu berhubungan dengan siklus haid atau menstruasi pada wanita.

Stres.
Dan jika stres, cara menghindarinya adalah dengan cara manajemen stres, managemen hati, menikmati semua pekerjaan yang kita jalani sehari-hari dan selalu berpikir positif terhadap semua hal yang terjadi, disertai dengan istirahat yang cukup.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Penyebab Sariawan dan Cara Menghindarinya"

Post a Comment