Usia Berapa Gigi Bayi Mulai Tumbuh

Pada umumnya, penyakit dan kelainan gigi pada anak merupakan salah satu gangguan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Apalagi sejak gigi sulung mulai muncul dan tumbuh, orang tua harus bertanggung jawab membersihkan gigi mereka dengan sebaik-baiknya agar kelak bisa menjadi gigi yang bagus.


Meskipun gigi sulung ini yang keberadaannya hanya sementara saja, namun kesehatan gigi sulung berpengaruh terhadap terhadap kesehatan gigi anak di kemudian hari. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah, mulai umur berapa gigi bayi ini mulai tumbuh, apakah setelah anak berumur satu tahun.




Usia Berapa Gigi Bayi Mulai Tumbuh

Pada tiap individu si kecil, waktu tumbuhnya bervariasi, namun pada umumnya gigi bayi mulai tumbuh pada usia 6-7 bulan. Pada saat berusia nol hingga 6 bulan, bayi masih mengkonsumsi ASI, sehingga orang tua tak perlu repot-repot merawat gigi bayi karena sudah dipastikan belum ada gigi yang tumbuh.

Si ibu bayi cukup memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium agar memperkuat komponen-komponen gigi yang bakal tumbuh.


Memasuki usia 6-7 bulan, gigi sulung dapat dipastikan sudah mulai tumbuh. Tepatnya di bagian atas atau bawah. Nah, pada saat itulah mulai dilakukan perawatan gigi meskipun hanya tumbuh satu atau dua gigi.



Gigi awal yang tumbuh pada bayi biasa disebut gigi sulung atau gigi susu. Gigi sulung berjumlah kurang lebih 20 buah dan akan tumbuh seiring bertambahnya usia anak.

Gigi sulung ini akan tumbuh hingga anak berusia 6 tahun, dan setelahnya akan tumbuh gigi permanen seiring bertambahnya usia anak.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Usia Berapa Gigi Bayi Mulai Tumbuh"

  1. Apa kabar,sobat ? Lama sekali saya tidak singgah disini blog sobat ini. Saya jadi bingung kapan sebenarnya gigi bayi akan muncul ? karena gigi keponakan saya umur 2 tahun baru tumbuh 3 biji. xixixi lucu juga kalau saya amati gigi bayi imut2.

    ReplyDelete

Labels