Solusi Hidup Sehat Bebas Kolesterol

Pada prinsipnya kolesterol dalam tubuh itu diperoleh dengan dua cara, yakni yang diperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi, seringkali juga disertai masuknya trigliserida. Dan yang kedua didapatkan dari hasil produksi liver dalam tubuh.

Penyakit kolesterol adalah penyakit yang ditimbulkan karena tingginya kadar kolesterol dalam darah sehingga memudahkan terjadinya atau timbulnya gumpalan lemak. Dalam bahasa medis disebut plak pada dinding pembuluh darah.


Gumpalan lemak inilah yang harus kita waspadai karena dapat menyumbat pembuluh darah yang mengaliri jantung, seringkali pada percabangan yang kecil, dapat pula pada pembuluh darah otak. Yang selanjutnya terjadi di sebut "Serangan Jantung", bila yang tersumbat pembuluh darah jantung. Disebut stroke, bila yang tersumbat pembuluh darah otak.

"Gaya hidup tak sehat dengan memilih makanan serba instan ditambah tubuh kurang gerak, menyebabkan kolesterol makin meningkat. Karenanya, solusi yang tepat untuk mengusir kolesterol adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan rendah lemak. Selain itu, perbanyaklah makan buah sertai warnai hidup dengan rutun berolahraga."

Gejala Awal

Gejala yang umum jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuhnya yaitu sakit kepala dan badan terasa pegal-pegal. Gejala-gejala tersebut juga bisa diukur dengan melihat kebiasaan Anda sebelum gejala muncul. Misalnya saja karena setelah mengonsumsi makanan berlemak tiba-tiba Anda merasa nyeri dan pusing yang tak kunjung sembuh, maka Anda bisa waspada akan timbulnya kolesterol.

Memang penyakit-penyakit ini lebih sering menyerang orang-orang yang memiliki berat badan lebih dari normal atau obesitas. Namun bukan berarti yang memiliki berat badan deal atau bertubuh kecil tak luput dari ancaman kadar kolesterol tinggi.

Bagi yang bertubuh kecil bisa saja mempunyai faktor resiko kemungkinan akan terkena kolesterol apabila asupan makanan yang dikonsumsi mengandung banyak kolesterol dan adanya faktor keturunan.




Perhatikan Asupan Makanan

Kunci utama timbulnya penyakit ini adalah karena pengkonsumsian makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Karena itu, tips pertama yang bisa dilakukan agar terbebas dari kolesterol adalah makanan.

Perhatikan asupan makan Anda. Kurangi makanan yang berlemak seperti jeroan, keju, kuning telur, daging atau ayam yang berlemak dan sejenisnya.

Dalam pemilihan makanan pun bisa menjadi perhatian. Misalnya saja pilihan makanan yang serba siap saji. Pada zaman saat ini, makanan serba instan banyak beredar dan menjadi pilihan untuk dikonsumsi, rasanya enak sekali ketika dimakan. Oleh karena itu, agar terbebas dari masalah kolesterol, sebisa mungkin merubah kebiasaan tersebut.

Imbangi Buah dan Sayur

Asupan makanan dengan menghindari makanan yang berlemak seperti tips pertama di atas, juga harus diimbangi dengan asupan sayur dan buah. Pengkonsumsian makanan berlemak masih diperbolehkan, asalkan jangan dalam jumlah yang banyak. Bisa juga Anda mengimbanginya dengan sayur dan buah.

Jadi, misalnya saja, Anda sedang makan ayam atau daging yang berlemak, maka Anda bisa mengonsumsi pula sayuran tumis dan sebagai makanan penutup, Anda bisa mengonsumsi buah.




Sayur dan buah-buahan sangat bermanfaat untuk penyeimbang kadar kolesterol dalam tubuh. Sayur dan buah yang mengandung serat ini akan dimetabolisme kolesterol sedemikian rupa sehingga pada akhirnya mampu dibuang bersama dengan kotoran atau yang biasa disebut dengan feses.

Biarkan Tubuh Bergerak

Tips yang terakhir adalah gerakkan tubuh. Sebisa mungkin sempatkan diri untuk berolahraga. Kebiasaan masyarakat kini adalah kurangnya beroilahraga. Bila Anda termasuk orang yang tidak mempunyai banyak waktu untuk berolahraga, maka gerakan-gerakan ringan pun bisa Anda lakukan.

Misalnya saja ketika berada di kantor, Anda jangan sering menggunakan fasilitas lift untuk sekedar naik ke lantai dua atau tiga. Tapi lebih baik Anda berjalan dan menaiki tangga untuk sampai ke sana. Kebiasaan ini jauh lebih baik untuk menggerakkan tubuh Anda daripada naik lift.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Hidup Sehat Bebas Kolesterol"

Post a Comment

Labels