Salah Pilih Makanan Bisa Sebabkan Migrain

Secara terperinci, ada beberapa bahan makanan atau minuman yang bisa memicu terjadinya migrain. Mulai dari minuman yang mengandung histamine hingga makanan yang mengandung MSG.

"Ternyata, migrain tak hanya disebabkan oleh stres atau ketegangan otak saja, namun pemilihan makanan yang tidak tepat juga bisa menjadi pemicu terjadinya migrain."


Sakit kepala sebelah atau biasa dikenal dengan migrain merupakan jenis penyakit yang paling umum dan pernah dialami oleh semua orang. Dan paling banyak dialami oleh wanita dengan perbandingan 3:1 terhadap pria. Sedangkan usia yang paling sering mengalaminya berkisar antara 25 hingga 44 tahun.




Ciri-ciri Migrain

Untuk membedakan dengan sakit kepala biasa terletak pada rasa nyeri yang dialami. Biasanya migrain hanya pada satu sisi kepala saja.

  • Nyeri kepala yang sebelah saja.
  • Pola denyut bersamaan dengan detak jantung.
  • Intensitas denyut bisa sedang atau berat.
  • Serangan bisa antara 3 jam hingga 72 jam.
  • Ada rasa mual-mual.
  • Tambah sakit bila terkena sinar matahari.
  • Malah menjadi kalau mendengar suara keras.

Biasanya penderita migrain akan lebih nyaman berada di tempat gelap dengan suasana tenang.


6 Makanan dan Minuman Pemicu Terjadinya Migrain

Perlu digarisbawahi, tiap individu memiliki kepekaan yang berbeda dalam penerimaan setiap makanan dan minuman tergantung dari metabolisme tubuhnya. Jadi, tidak semua orang mengalami hal yang sama. Berikut ini enam makanan dan minuman yang dapat menjadi pemicu terjadinya migrain.

1. Buah mengandung getah.

Ternyata buah dan sayuran yang mengandung getah juga dapat menjadi penyebab migrain, khususnya kacang-kacangan. Di antaranya adalah pepaya, plum merah, kismis, alpukat matang dan pisang. Sedangkan untuk kacang yaitu kacang polong, kacang panjang, mente, dan kacang merah.

2. Mengandung kafein.

Kafein juga pemicu migrain yang potensial, karenanya orang yang menderita migrain harus menghindari kafein seperti kopi, dan soft drink.



3. MSG (Monosodium Glutamat).

MSG atau vetsin adalah senyawa aditif kimia yang sering digunakan untuk meningkatkan rasa dan paling sering ditemukan dalam makanan Cina dan beberapa snack asin. Senyawa ini juga bisa memicu terjadinya migrain.

4. Produk Susu.

Produk yang menggunakan bahan susubisa menjadi salah satu pemicu migrain. Karena produk susu biasanya mengandung histamine atau antialergi, yang mungkin bertanggung jawab untuk menyebabkan perubahan kimia yang mengarah ke migrain. Krim asam, yogurt atau butter milk juga dapat memicu migrain.

5. Mengandung tyramine.

Pemicu migrain lainnya adalah makanan dan minuman yang mengandung tyramine. Tyramine biasanya banyak terkandung dalam keju, mozzarella, cheddar, cokelat, dan minuman alkohol, khususnya anggur.

6. Mengandung nitrat.

Makanan dari produk daging juga bisa menyebabkan migrain karena daging banyak mengandung nitrat. Jika Anda menderita migrain, hindarilah makanan dari olahan daging baik sapi maupun ikan laut. Hindari pula makanan yang diawetkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Salah Pilih Makanan Bisa Sebabkan Migrain"

Post a Comment