Penyakit yang Timbul Karena Hawa Dingin

Rasa nyeri pada tubuh akibat hawa dingin memang sesuatu yang wajar. Namun apabila rasa nyeri ini dibiarkan berkepanjangan, akan berdampak pada turunnya daya tahan tubuh. Dan kalau daya tahan tubuh sudah menurun, maka penyakit yang macam-macam akan mudah datang menyerang.

Nyeri adalah suatu gejala yang sangat subyektif. Biasanya agak sulit melihat adanya nyeri kecuali adanya keluhan dari penderita itu sendiri. Rasa nyeri muncul akibat adanya stimulus pada sistem sensorik tubuh. Stimulus rasa nyeri bisa disebabkan karena adanya panas, dingin, rabaan dan tekanan.

Berbicara mengenai hawa dingin yang mengakibatkan rasa nyeri pada tubuh, hal itu adalah wajar saja terjadi karena mengingat dingin termasuk ke dalam salah satu jenis stimulus rasa nyeri.

Dapat Menyerang Seluruh Tubuh

Stimulus hawa dingin dapat menyerang ke semua bagian tubuh sehingga bisa dikatakan reseptor ada di semua bagian tubuh. Dimana pun stimulus diberikan, maka akan timbul rasa nyeri. Hanya saja, di daerah kulit kita ada yang sifatnya sensitif dan tidak, ini yang mempengaruhi letak bagian tubuh mana yang akan terkena rasa nyeri.

Hal senada juga terjadi pada seseorang yang memang tubuhnya sudah mengalami kerusakan, misalnya sakit rematik. Rematik itu sendiri dikarenakan terjadinya proses peradangan pada nyeri atau bisa dikatakan sebagai kerusakan pada sendi. Peradangan atau kerusakan ini merupakan suatu stimulus adanya nyeri.

"Jadi, jika ketambahan efek hawa dingin, maka stimulus menjadi betambah dan mengakibatkan banyak orang yang terkena rematik yang ditambah karena hawa dingin akan merasakan nyeri yang sangat sakit sekali."





Namun untuk orang yang normal tanpa rematik, rasa nyeri akibat hawa dingin akan menyerang bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh penutup tubuh, misalnya daerah tangan, muka dan kaki. Hal ini disebabkan karena stimulus yang berupa hawa dingin ini langsung bisa dirasakan oleh kulit tubuh.

Berbeda halnya dengan bagian tubuh yang ditutup dengan penutup tubuh, maka stimulus tidak akan langsung bisa dirasakan sehingga tidak sampai menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri yang dirasakan tidak hanya berupa rasa sakit saja, tetapi juga rasa tidak nyaman dalam tubuh. Stimulus akan masuk melalui kulit, maka secara otomatis syaraf tubuh akan terangsang kemudian diteruskan ke sumsum tulang belakang melalui syaraf tepi dan langsung diteruskan ke otak, dan di dalam otak akan diproses hingga menciptakan suatu persepsi.

Nah, persepsi inilah yang nantinya memberikan rasa nyeri yang berupa rasa sakit dan tidak nyaman dalam tubuh. Proses yang demikian ini berlangsung sangat cepat.




Dampak

Rasa nyeri akibat hawa dingin ini termasuk dalam kondisi tubuh yang wajar dan tidak memberikan efek timbulnya penyakit-penyakit lain di kemudian hari. Namun tetap harus diwaspadai karena apabila Anda sering mengalami nyeri akibat hawa dingin ini secara terus menerus, maka akan dapat merusak daya tubuh.

Hal ini disebabkan begitu banyaknya zat antibodi yang dikeluarkan, maka lama kelamaan zat antibodi dalam tubuh akan melemah dan lama kelamaan bisa rusak.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa yang disarankan yaitu dengan memberikan obat analgesik (obat anti nyeri) yang sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Sedangkan untuk pencegahan yaitu dengan memakai jaket ataupun pelindung tubuh yang lsin pada kulit tubuh yang dirasa sensitif jika terkena hawa dingin. Dengan begitu, stimulus nyeri yang berupa hawa dingin tidak akan sampai menyerang dan menimbulkan rasa nyeri pada tubuh. Terlebih buat orang yang memang sudah memiliki kerusakan pada sendi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit yang Timbul Karena Hawa Dingin"

Post a Comment