Kenali Gejala Khas Chikungunya

Meskipun sama-sama disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti, namun chikungunya memiliki gejala yang berbeda dari penyakit demam berdarah. Selain mual dan demam sebagai salah satu gejalanya, mereka yang terkena virus chikungunya juga akan mengalami kelumpuhan sementara alibat sara nyeri yang hebat di daerah persendian tubuhnya.



Musim penghujan seperti sekarang ini memang rentan munculnya berbagai macam penyakit. Karena pada saat seperti sekaranglah banyak sekali bermunculan nyamuk-nyamuk yang berbahaya yaitu salah satunya adalah nyamuk aedes aegypti. Selain bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, nyamuk tersebut juga membawa virus yang berbeda, yakni virus chikungunya.




Gejala Khas

Gejala khas yang terlihat jika Anda terkena virus chikungunya ini adalah rasa nyeri dan linu pada bagian persendian tubuh. Sehingga orang akan menjadi malas untuk berjalan, karena kalau dipaksakan maka akan terasa sangat sakit sekali. Oleh karena itu, banyak orang yang mengatakan lumpuh sementara, padahal sebenarnya tidak lumpuh, kaki masih bisa dibuat untuk berjalan.






Ternyata rasa nyeri inilah yang membuat kelumpuhan sementara tidak hanya identik dengan kaki, namun juga beberapa anggota tubuh lainnya. Jika seseorang menderita penyakit chikungunya, maka otomatis seluruh persendian badan akan diserang terutama sendi-sendi besar seperti kaki, pinggul dan lutut.

Diawali dengan Demam Tinggi

Sebagaimana halnya demam berdarah, gejala lainnya jika terkena penyakit chikungunya ini diawali juga dengan demam tinggi. Demam tinggi yang Anda alami bisa mencapai suhu badan berkisar 38-39 derajat celcius. Kemudian pada hari ketiga hingga kelima, demam akan menurun, namun Anda akan merasa mual, pusing, sakit kepala dan nyeri sendi.


Karena itu, sebagai langkah awal pertolinhan pertama yang harus dilakukan adalah mengatasi atau mengobati panas yang tinggi tersebut. Hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.
Selain itu, minum air putih yang banyak dan juga istirahata yang cukup bisa mempercepat penyembuhannya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kenali Gejala Khas Chikungunya"

  1. serem gejalanya bisa menimbulkan kelumpuhan walaupun bersifat sementara, mencegah memang lebih baik daripada mengobati :)

    ReplyDelete

Labels