Cara Mudah Deteksi Radang Paru-Paru Anak

Pneumonia adalah penyakit radang paru-paru yang biasanya seringkali diabaikan oleh orang tua karena gejalanya sama seperti pilek dan kebanyakan mengira si kecil sedang sakit flu saja, padahal bukan.

Bagaimana cara mudah menentukan apakan si kecil sakit pilek biasa atau penyakit pneumonia atau radang paru-paru. Tak sedikit anak yang meninggal dunia akibat penyakit ini, karena orang tua yang salah mendeteksi sakitnya anak apa.

Cara Deteksi Sendiri

Cara paling mudah untuk mengenali jika anak terserang radang paru-paru adalah dengan menghitung jumlah nafasnya dalam satu menit.

  • Anak usia kurang dari 2 bulan : lebih cepat dari 60 kali per menit.
  • Anak usia antara 2-12 bulan : lebih cepat dari 50 kali per menit.
  • Anak usia 1-5 tahun : lebih cepat dari 40 kali permenit.





Orang tua bisa melakukan penghitungan di rumah, untuk penentuan awal apakah anaknya mengalami nafas cepat atau tidak. Jika memang benar, segera larikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Karena jika tidak, akibatnya bisa fatal.

Bisa Disembuhkan

Mwskipun termasuk penyakit yang berat, para orang tua tak perlu khawatir. Pasalnya pneumonia atau radang paru-paru ini adalah penyakit yang bisa diobati. Jadi, kalau dilakukan dengan cepat dan tepat, pasien akan bisa tertolong. Yang perlu dilakukan hanyalah dapat mendeteksi secara tepat.




Selain itu, nutrisi yang cukup juga berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap serangan penyakit. Dengan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama usia anak, maka daya tahan tubuh anak bisa terjaga baik terhadap penyakit radang paru-paru ataupun penyakit yang lainnya.

Agar anak terhindar dari pneumonia atau radang paru-paru, orang tua harus memperhatikan tumbuh kembang si kecil. Orang tua harus mengetahui jadwal imunisasi dan melakukan kunjungan rutin ke dokter anak untuk meminta vaksinasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Deteksi Radang Paru-Paru Anak"

Post a Comment