6 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Ibu Hamil

Menemukan kaki bengkak saat kehamilan, mungkin bukan hal yang aneh. Bahkan hampir semua wanita yang pernah hamil, pernah merasakan hal ini.

"Kaki mengalami bengkak saat hamil kerap dianggap sesuatu yang wajar."

Padahal, jika dibiarkan, akan bisa berakibat fatal. Karenanya, gunakan saja flat shoes dan rajin merendam kaki dengan air hangat merupakan cara termudah untuk mengurangi dampak kaki bengkat akibat hamil ini.


Ada 2 Macam Kaki Bengkak pada Ibu Hamil.
1. Fisiologis (normal).
2. Patologis (adanya kelainan).

Untuk yang fisiologis, biasanya terjadi pada trisemester ketiga. Ketika berat kehamilan semakin bertambah. Sementara untuk patologis, merupakan dampak dari preeklampsia atau keracunan kehamilan. Kondisi ini sering disebut toksemia, yaitu kondisi yang biasa dialami setiap wanita hamil tapi tsk terjadi pada wanita yang tak hamil.




Enam Cara Mengatasi

Pembengkakan kaki yang wajar tidak disertai dengan penyakit penyerta. Dimana keadaan tubuh lainny normal-normal saja dan hanya kaki yang mengalami bengkak. Hal ini banyak terjadi pada kehamilan wanita pada trimester akhir.

Jika ini yang Anda alami, cobalah jangan panik dahulu, Anda bisa melakukan beberapa perawatan sendiri untuk membantu mengurangi bengkak yang terjadi. Berikut ada enam hal yang patut dicoba untuk mengatasinya.

1. Hindarilah memakai sepatu sempit dan bertumit tinggi.
Ini akan memudahkan Anda untuk bergerak serta mengurangi tekanan pada otot kaki.

2. Istirahatlah yang cukup.
Manfaatkan waktu untuk segera beristirahat begitu ada kesempatan. Apabila beristirahat dengan posisiduduk, maka kedua kaki diletakkan pada posisi lebih tinggi sejajar panggul, putar pergelangan kaki agar sirkulasi lancar.




3. Saat bekerja, jangan terlalu lama berdiri atau duduk.
Ambil periode berjalan dan sering gerakkan pergelangan kaki.

4. Jika berbaring, ganjal kaki dengan bantal agar posisi kaki lebih tinggi dan tekanan berkurang.
Jangan terlalu lama berdiri dan duduk dengan posisi kaki menggantung, lakukan gerakan atau berjalan sebentar.

5. Makan minumlah dengan cukup, tinggi kalori dan protein.
Kurangilah mengkonsumsi garam atau makanan asin.

6. Ambil kesempatan untuk berolahraga, seperti senam hamil dan jogging.
Untuk melancarkan sirkulasi darah, rendam kaki ke dalam air hangat yang dibubuhi sedikit garam dan jeruk nipis selama 10-15 menit.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "6 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Ibu Hamil"

  1. infonya sangat menarik dan bermanfaat terutama untuk ibu hamil..trims infonya

    ReplyDelete
  2. wah..yang patologis itu berbahaya juga ya...sebab indikasi dari keracunan kehamilan...

    ReplyDelete