5 Tips Merawat Gigi Bayi

Orang tua tak perlu menunggu waktu lama sampai anak mau ke dokter gigi atau cukup umur untuk memulai perawatan pada giginya. Lakukan sedini mungkin supaya gigi bayi kuat dan dapat berganti secara permanen tanpa ada masalah.



Dengan pemeriksaan teratur, maka kelainan atau penyakit yang terjadi pada gigi akan dapat terdeteksi secara dini sehingga pengobatan dapat dilakukan dengan baik.

Pada dasarnya, dalam perawatan gigi bayi ada tahapannya dan disesuaikan dengan kondisi serta usia bayi.
Berikut ini kiat merawat gigi bayi yang baru tumbuh.

5 Tips Merawat Gigi Bayi


1. Gunakan kassa atau silicone baby toothbrush.

Pada usia 6 bulan hingga 2 tahun, untuk membersihkan gigi bayi secara umum cukup menggunakan kassa lembut yang digulungkan pada ibu jari milik sang ibu, lalu digosokkan pada gigi bayi secara perlahan. Dapat juga menggunakan alat silicone baby toothbrush, semacam sarung jari untuk ibu yang ujungnya terdapat bulu-bulu halus untuk menyikat gigi bayi.




2. Pasta gigi anak.

Nah, yang tidak boleh tertinggal adalah menggunakan pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang khusus dipeuntukkan anak-anak, dengan kandungan flouride, dimana kandungan ini sangat bermanfaat untuk melapisi dinding-dinding gigi agar kebal terhadap serangan kuman dan bakteri.


Aneka rasa yang disuguhkan pasti akan membuat si kecil lebih nyaman. Andai kata pasta gigi yang digunakan tertelan, Anda tak perlu khawatir atau panik karena pasta gigi yang diperuntukkan untuk anak, memang khusus dibuat dengan proses sesuai kebutuhan anak. Segala sesuatunya, baik kadar enzim sudah disesuaikan sehingga aman dan nyaman digunakan untuk bayi maupun balita.

3. Air masak.

Karena masih anak-anak, yang biasanya kesulitan untuk sekedar berkumur, maka lebih aman gunakan saja air masak atau air mineral sebagai air kumurnya.




4. Konsumsi buah dan sayuran.

Perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran karena ini bisa sebagai self cleansing.

5. Mengajak anak ke dokter gigi.

Ajaklah anak Anda untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin guna memelihara kesehayan giginya, minimal sebulan sekali. Kebiasaan ini juga akan mengurangi ketakutan anak terhadap dokter gigi. Dengan pemeriksaan teratur, maka kelainan atau penyakit yang terjadi pada gigi akan dapat terdeteksi secara dini sehingga pengobatan dapat dilakukan dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Tips Merawat Gigi Bayi"

  1. kalo anak belajar merawat gigi dari kecil maka akan jadi kebiasaan hingga dewasa

    ReplyDelete