3 Cara Alami Mengatasi Ambeien

Ambeien terjadi akibat pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (balik) di dubur atau rektum. Pelebaran dan peradangan itu disebabkan akibat pergerakan feses yang keras serta tekanan pada pembuluh darah di sana.

Faktor penyebab terjadinya ambeien yakni kebiasaan sulit BAB (buang air besar). Pada kebiasaan ini, menyebabkan orang tersebut seringkali mengejan dengan keras sehingga memicu keluarnya ambeien.

"Penyakit ambeien ini adalah penyakit yang ditandai rasa nyeri di bagian dubur."

Penyakit ambeien ini adalah penyakit yang ditandai rasa nyeri di bagian dubur. Meskipun tergolong tidak berbahaya, namun ambeien sangatlah menggangu. Dengan memperbanyak makanan berserat dan konsumsi air putih, bisa menjadi langkah untuk mengatasi problem penyakit ini.

Ambeien Terbagi Menjadi 4 Grade


Ada beberapa jenis ambeien, ada yang keluar hanya pada saat BAB dan setelah itu dapat masuk kembali ke dalam dubur (dengan bantuan tangan atau tidak), namun ada pula yang sulit untuk masuk kembali. Ambeien dikategorikan berbahaya kalau ia keluar dan terjepit, dan harus mendapatkan perawatan secepatnya.




Dalam ilmu medis, ambeien dibagi menjadi 4 macam grade, yakni Grade 1, grade, 2, grade 3 dan grade 4.
Grade keempatinilah yang tergolong berbahaya karena posisi ambeien terjepit dan bisa menimbulkan pendarahan. Bahkan terkadang ada yang terpaksa harus memakai pampers segala untuk menahan lajunya pendarahan.

3 Langkah Atasi Ambeien

Untuk mengatasi problem ambeien ini, ada beberapa tips yang bisa diterapkan selain pemberian obat-obatan medis. Kuncinya adalah pola makan sehari-hari yang nantinya akan berpengaruh pada lancar tidaknya BAB.

1. Rutin Konsumsi Makanan Berserat.

Solusi pertama yang bisa diterapkan yaitu sering mengkonsumsi makanan berserat. Pada kondisi sehat, BAB akan terjadi setiap hari. Apabila didapati Anda tidak BAB melebihi satu hari, atau hingga hitungan berhari-hari, maka hal ini harus diwaspadai.



Contoh makanan berserat yang dianjurkan adalah pepaya atau bayam. Hindarilah mengkonsumsi buah atau makanan yang pedas, lemak atau asam karena makanan tersebut dapat membuat feses menjadi keras dan mengakibatkan proses mengejan menjadi lama dan sulit.

2. Perbanyaklah Minum Air Putih.

Cara berikutnya yang paling mudah untuk menyembuhkan ambeien adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup karena dengan mengkonsumsi air putih, feses akan cenderung melunak. Sedangkan yang dianjurkan adalah meminum air putih sebanyak 1,5 hingga 2 liter per harinya.

3. Biasakan untuk Tidak Menahan BAB.

Jangan membiasakan menahan diri untuk buang air besar karena dapat mengakibatkan feses mengeras dan membuat proses mengejan menjadi lama. Jika Anda mengalami kesulitan BAB,cobalah untuk mengkonsumsi segelas air hangat pada pagi hari sebelum buang air besar. BAB yang tidak lancar bisa juga disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "3 Cara Alami Mengatasi Ambeien"

  1. Terima kasih ms informasinya, sangat bermanfaat apalagi bagi yang menderitanya :)

    ReplyDelete

Labels