Cara Alami Atasi Nyeri Punggung

Postur tubuh yang baik tak hanya membuat penampilan menarik, namun juga bebas dari penyakit, terutama nyeri punggung. Oleh karena itu biasakan untuk berjalan, berdiri, duduk hingga posisi membungkuk dan tidur dengan tepat, agar punggung tetap sehat.


Bagi wanita, nyeri punggung adalah penyakit yang biasa diderita. Apalgi bagi wanita karir yang biasa bekerja di belakang meja. Ada banyak hal yang menjadi penyebab seseorang mengalami nyeri punggung, salah satunya adalah postur tubuh yang salah ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Rasa nyeri biasanya terjadi pada punggung bagian bawah. Penyebab dari nyeri punggung itu biasanya didorong oleh perubahan bentuk postur tubuh manusia yang tidak tepat atau tidak sesuai.

Postur Tubuh Ideal

Postur tubuh yang tepat atau ideal adalah posisi punggung yang tegak. Postur idealnya adalah posisi tengkuk atas bersifat lordosis, tengah punggung bersifat kifosis dan punggung bawah bersifat lordosis. Karena itu jika bentuk ideal itu sudah tidak lagi berada pada posisinya yang tepat, maka sakit punggung akan menyerang.




Postur tubuh yang tepat tersebut akan membantu seseorang terhindar dari sakit punggung agar tidak berlanjut lebih parah. Selain postur yang tidak ideal, ada juga beberpa penyebab lain yang membuat seseorang mudah terkena nyeri punggung, yaitu:

  • 1. Perut Besar. Perut besar seseorang sangat mempengaruhi postur tubuh ideal.
  • 2. Penggunaan Sepatu hak tinggi.
  • 3. Cara duduk yang salah.

Misalnya, cara duduknya selalu menyandarkan punggung atas. Secara perlahan, itu akan mengubah bentuk postur tubuh.



Terapi Perbaiki Postur Tubuh

Salah satu cara mencegah dan mengatasi nyeri punggung adalah dengan memperbaiki postur tubuh menjadi ideal. Berikut ini terapi yang bisa dilakukan setiap hari.

1. Ketika Berdiri.
  • - Jangan memakai sepatu dengan tumit terlalu tinggi.
  • - Bila berdiri lama, selingi dengan jongkok sebentar.
  • - Berdiri dengan satu kaki diletakkan lebih tinggi dari yang lain untuk mengurangi hiperlodosis lumbal.
  • - Bila mengambil sesuatu di tanahm jangan membungkuk, tapi tekuklah lutut.
  • - Bila harus mengangkat benda berat, renggangkan kedua kaki, lalu tekuklah pada paha dan lutut. Sedangkan punggung tetap tegak, baru baru angkatlah barang sedekat mungkin dengan tubuh.

2. Ketika Berjalan.

Berjalan dengan posisi tegak, rileks, dan jangan tergesa-gesa.

3. Waktu Duduk.


  • - Pilihlah tempat duduk yang tepat bila akan duduk di tempat itu terlalu lama.
  • Misalnya kursi dengan busa yang tidak terlalu banyak. Punggung kursi dianjurkan mempunyai postur S, seperti postur tulang punggung. Kursi jangan terlalu tinggi sehingga bila duduk, lutut tidak lebih tinggi daripada paha.
  • - Bila duduk seluruh punggung harus sebanyak mungkin kontak dengan punggung kursi arau sering bersandar.
  • - Bila harus bungkuk lama, letakkan satu kaki lebih tinggi dari satunya.

4. Waktu Tidur.

  • - Waktu tidur punggung dalam keadaan mendatar.
  • - Pilih tempat tidur yang tidak padat dan tidak terlalu empuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Alami Atasi Nyeri Punggung"

Post a Comment