Berbagai Penyebab Kerontokan Rambut

Meskipun rambut rontok adalah siklus alami, namun kerontokan juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada rambut. Dalam siklus pertumbuhan rambut, rambut mengalami beberapa fase, diantaranya adalah fase pertumbuhan rambut yang biasanya berlangsung lama (anagen).

3 Fase Macam Fase Pertumbuhan Rambut:

1. Anagen (berlangsung lama).
2. Katagen (Transisi).
3. Eksogen (berlangsung singkat).

Kenapa Rambut Bisa Rontok


Pada akhit masa fase istirahat, rambut nantinya akan terlepas atau rontok. Kemudian fase pertumbuhan (siklus) baru dari rambut di dalam folikel akan dimulai lagi. Pada keadaan normal, sekitar seratus helai rambut di kulit kepala berada pada akhir fase istirahat, dan setiap hari akan dilepaskan.

Namun ada saatnya rambut mengalami efluvium telogen atau kerontokan rambut fase telogen, Dalam fase ini, pelepasan rambut meningkat secara signifikan, sekitar seratus hingga 150 helai rambut setiap harinya.




Berbagai Penyebab Rambut Rontok

Apabila rambut sudah mulai rontok lebih dari seratus helai setiap harinya, maka kita harus mulai waspada. Kerontokan yang perlu diwaspadai ini, biasanya juga terjadi pada masa tumbuh dan masa transisi. Kerontokan bisa terjadi pada bagian kulit kepala lokal atau di satu daerah saja atau merata.


Banyak hal yang menyebabkan terjadinya kerontokan rambut, diantaranya adalah:
1. Karena setelah melahirkan.
2. Konsumsi obat perontok rambut seperti obat yang mengandung amfetamin, obat antimitotik.
3. Nutrisi kurang seimbang.
4. Stres fisik.
5. Anemia.
6. Penyakit sistematik berat dan kronis.
7. Pasca operasi.
8. Stres psikologi. cemas dan depresi.
9. Kontak dermatitis alergi pada kulit kepala.



Selain itu, rambut rontok juga bisa karena perlakuan kepada rambut yang kurang tepat. Misalnya saja pada wanita yang berjilbab, tidak mengeringkan rambut setelah keramas, lalu menutup dengan kerudung, mengikat rambut sebelum kering, rambut terlalu panjang atau rambut diikat terlalu lama dan di-styling terlalu sering.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Berbagai Penyebab Kerontokan Rambut"

  1. wah ternayata banyak faktor yang berakibat rambut rontok yh,,, terima kasih informasinya, sangat membantu sekali ms

    ReplyDelete