Anemia Bisa Kurangi Kecerdasan Otak

Sakit anemia artinya sakit kekurangan sel darah merah yang tak hanya mengganggu kesehatan saja, namun untuk anak-anak, anemia ini sangatlah berpengaruh sekali pada menurunnya kecerdasan si buah hati. Hal ini disebabkan karena sel darah merah bertugas menyampaikan oksigen ke otak. Kalau pasokan oksigen kurang, maka yang terjadi adalah fungsi kerja otak terganggu.




Anemia adalah kurangnya hemogloblin (sel darah merah) dalam tubuh dibandingkan nilai normal. Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat menyerang manusia pada usia berapapun mulai dari bayi hingga dewasa. Dilansir dari dr. Hikari Ambara Sjakti, SpA, anemia sangat berbahaya kalau tidak segera ditangani, terutama yang jenis berat.

Bisa Mengurangi Kecerdasan

Penyakit karena kekurangan hemoglobin (sel darah merah) yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh, termasuk ke otak manusia. Kalau sampai otak yang memiliki begitu banyak pembuluh darah kekurangan oksigen, dapat menurunkan fungsi otak. Penurunan fungsi otak ini tentunya berdampak pada kecerdasan. Apalagi kalau terjadi pada si buah hati yang memang masih dalam perkembangan fungsi organ termasuk otak.



Jenis anemia dibagi menjadi tiga macam yaitu:
1. Anemia ringan.
2. Anemia sedang.
3. Anemia berat.

Pada anemia ringan dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya dengan zat besi dan vitamin B12, sedangkan untuk anemia sedang, dapat dilakukan dengan hal yang sama dan menambahkan suplementasi zat besi oleh dokter yang memiliki izin untuk melakukan hal tersebut.

Sedangkan untuk anemia berat atau yang sering disebut dengan "Talasemia". Di Indonesia, penyakit ini paling sering ditemukan karena kurangnya zat besi dalam tubuh anak dan dapat diidentifikasi semenjak bayi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anemia Bisa Kurangi Kecerdasan Otak"

Post a Comment