8 Manfaat dari Menangis

Kelamaan menangis memang bisa membuat mata merah dan bengkak. Tapi ternyata, menangis atau mengeluarkan air mata juga bisa membuat Anda sehat. Menangis adalah bentuk reaksi fisik atau emosi yang dirasakan oleh seseorang dengan keluarnya air mata. Menangis umumnya terjadi ketika seseorang sedang sedih dan tertekan.


Saat seseorang sedang menangis, mereka akan mengirimkan sinyal pada orang-orang terdekat bahwa ia sedang dalam keadaan tidak baik yang butuh pertolongan, ditenangkan atau ditemani. Namun tak sedikit orang yang ingin terlihat kuat sehingga menahan diri untuk tidak menangis.

Tahukah Anda jika menangis nyatanya dapat membuat Anda merasa lebih baik?



Berikut 8 Manfaat Menangis:


1. Air mata mengeluarkan toksin.

Menangis juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Racun tersebut dikeluarkan bersamaan dengan air mata yang keluar saat seseorang menangis.

2. Mengurangi zat 'mangan' dalam tubuh.

Menangis juga mengurangi tingkat mangan dalam tubuh, mineral yang mempengaruhi suasana hati dan ditemukan pada 30 kali konsentrasi yang lebih besar dibandingkan serum darah.

3. Menghilangkan stres.

Menangis adalah cara sehat untuk mengurangi stres. Sebab jika emosi dibiarkan, ini akan berpengaruh negatif untuk tubuh, seperti meningkatkan risiko kardiovaskuler dan gangguan yang berhubungan dengan stres.


4. Menurunkan tekanan darah.

Menangis telah dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, denyut nadi, dan ketenangan setelah meluapkan emosi.

5. Mencerahkan penglihatan.

Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.




6. Mengeluarkan racun.

Beberapa studi tentang air mata menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun yang dikeluarkan lewat air mata.

7. Membunuh bakteri.

Air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri yang tertinggal darikeyboard komputer, pegangan tangga, bersin, dan tempat-tempat yang mengandung bakteri hanya dalam 5 menit.

8. Meningkatkan mood .

Air mata mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata

Jadi, saat Anda merasa ingin menangis, menangislah. Anda tak perlu ragu untuk mengeluarkannya karena alasan malu atau ingin terlihat tegar. Jika Anda malu dilihat orang, pergi dan cari tempat yang aman untuk meluapkan emosi Anda.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "8 Manfaat dari Menangis"

  1. kadang menangis itu memberikan perasaan lega, tapi akan lebih bagus lagi kalau tidak menangis :)

    ReplyDelete