5 Fakta Tentang Air Susu Ibu ( ASI)

Masalah yang paling sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah kurangnya produksi ASI. Tubuh setiap wanita berbeda-beda, ada yang memiliki ASI berlimpah, ada pula yang ASI-nya sedikit pada beberapa hari pertama, bahkan beberapa minggu pertama.

ASI (air susu ibu) merupakan makanan terbaik bagi bayi karena kaya nutrisi, mengandung antibodi dan kandungan lemak serta kalori yang seimbang. Di samping itu, manfaat lainnya adalah semakin memepererat ikatan batin antara bayi dan sang ibu.

Berikut adalah 5 fakta mengejutkan tentang ASI:


1.. Salah satu payudara akan menghasilkan lebih banyak ASI

Sama seperti salah satu tangan anda lebih besar dari yang lainnya, payudara anda juga mungkin memiliki ukuran yang berbeda juga. Jadi satu payudara bisa mengungguli yang lainnya, tapi itu tidak berarti anda tidak akan memiliki cukup susu untuk bayi anda.

2. ASI tidak selalu putih

"ASI biasanya berwarna putih atau berwarna krem, tetapi juga bisa menjadi hijau, biru, kuning atau oranye. Anda juga mungkin melihat bahwa ASI lebih kental satu hari dan lebih berair dihari berikutnya. Namun anda jangan khawatir karena hal itu normal," kata ahli laktasi internasional, Sara Chana Silverstein, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (31/12).



3. Anda mungkin merasa payudara anda mungkin terlampau besar

Seberapa besar payudara anda benar-benar tergantung pada elastisitas kulit anda.

4. ASI tidak hanya keluar dari puting anda.

Karena ada sekitar 15 sampai 25 saluran susu di masing-masing payudara yang membuat susu, ada beberapa pori-pori di masing-masing payudara di mana susu keluar dari, bukan hanya lubang tunggal di puting anda.

5. Anda bisa memiliki terlalu banyak susu.

Beberapa wanita memiliki susu ejeksi refleks yang kuat yang menyebabkan ASI keluar dengan cepat. Beberapa bayi bahkan tersedak karena mereka tidak bisa mengikuti derasnya ASI yang keluar dari puting anda.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Fakta Tentang Air Susu Ibu ( ASI)"

  1. wah berarti ASI bisa keluar dari pinggir puting juga ya. heheee

    ReplyDelete

Labels