4 Penyakit yang Ditandai Nyeri Ulu Hati

Apakah Anda sering merasakan nyeri di bagian ulu hati..? Kalau jawabnya iya, berarti hal ini tidak boleh disepelekan sama sekali karena nyeri ulu hati bisa menjadi pertanda awal beberapa macam penyakit yang berbahaya.

Nyeri ulu hati sering dialami oleh sebagian orang dan tentunya keadaan ini terasa tak nyaman. Seperti yang dituturkan oleh Dr Pandji Mulyono SpPD KEMD FINASIM, ini merupakan gejala dari beberapa penyakit.
Apa saja penyakit yang ditandai nyeri pada ulu hati ini?

Berikut 4 Penyakit yang Ditandai Nyeri Ulu Hati

1. Dispepsia.

Yang pertama adalah nyeri ulu hati yang disebabkan oleh dispepsia, yaitu pengeluaran asam lambung berlebih, pertahanan dinding lambung lemah, infeksi helicobacter (sejenis bakteri yang hidup di dalam lambung dalam jumlah kecil), gangguan gerakan saluran pencernaan dan stres psikologis.

Gejala yang dirasakan adalah:
  • - Nyeri ulu hati.
  • - Mual.
  • - Perut terasa penuh.

Dan yang paling banyak disebabkan oleh faktor psikologis seperti stres dan konflik batin. Dispepsia juga seringkali dialami oleh mereka yang muda-muda.




2. Radang lambung.

Selain disebabkan oleh dispepsia, nyeri ulu hati juga bisa disebabkan oleh Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit reflux gastroesofagus. Penyakit ini terjadi karena asam lambung naik sampai ke bagian mulut hingga mulut terasa pahit. Yanf dirasakan ketika Anda mengalami GERD ini adalah nyeri di bagian ulu hati dan bagian dada terasa sakit seperti dicengkeram.

GERD ini disebabkan banyak hal, misalnya makanan, orang perutnya gendut, banyak mengkonsumsi jamu pegal linu. Jamu pegal linu biasanya banyak mengandung obat rematik nonsteroid. Kandungan dan campuran di dalam jamu tersebut yang menyebabkan Anda mengalami GERD.

Bisa juga nyeri ulu hati ini merupakan gejala radang lambung. Biasanya ketika lambung meradang, maka yang terasa nyeri adalah bagian kiri ulu hati, ketika makan, akan terasa lebih sakit lagi.

3. Ulkus Duodenum (Luka di usus 12 jari).

Penyakit lain yang juga memunculkan simpton nyeri ulu hati adalah ulkus duodenum atau luka di usus 12 jari. Gejalanya adalah nyeri lambung di bagian bawah, nyeri di bagian kanan pusar. Hal ini biasanya disebabkan asam lambung yang meningkat, namun di perut tak ada makanan yang pada akhirnya dapat melukai usus.

4. Penyakit Jantung.

Dan yang terakhir yang pantas untuk diwaspadai adalah bahwa nyeri ulu hati ini bisa merupakan gejala dari penyakit jantung. Kok bisa ya?
Pada penderita penyakit jantung, nyeri tak hanya dirasakan pada bagian dada saja. Namun ketika penyumbatan terjadi di bagian perut atau koroner bagian bawah, maka itu bisa jadi merupakan gejala dari penyakit jantung. Apalagi jika Anda tergolong gemuk dan usia di atas 35 tahun, maka Anda harus waspada.

Pencegahan

Oleh karena itu, jangan pernah menyepelekan nyeri ulu hati. Waspadai juga gejala-gejala yang menyertainya.



Untuk mencegah penyakit-penyakit di atas, maka Anda harus memodifikasi gaya hidup. Misalnya saja adalah:
  • Jangan makan ketika akan tidur.
  • Jika tidur, pilih bantal yang tinggi agar asam lambung tak mudah naik.
  • Hindari pola makan tidak sehat.
  • Kurang konsumsi lemak.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Hindari pemakaian busana ketat.
  • Hindari makanan yang bisa merangsang asam lambung.

Itulah keempat penyakit yang ditandai dengan sakit nyeri ulu hati. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Penyakit yang Ditandai Nyeri Ulu Hati"

Post a Comment

Labels