3 Cara Agar Vitamin di Buah Tidak Hilang

Buah-buahan segar seperti degan (kelapa muda) dan aneka jeruk sangatlah lezat saat disajikan menjadi minuman. Belum lagi kalau ditambah dengan biji selasih yang mampu meredam panas dalam. Selain kaya akan vitamin, juga dapat menjadi sajian minuman yang lezat untuk orang terkasih.

Memang benar buah banyak mengandung vitamin serta mineral, namun jika diolah dengan cara yang kurang tepat, kandungan vitaminnya bisa berkurang bahkan hilang. Berukut ini kiat-kiat menyajikan buah-buahan agar kandungan vitaminnya tetap utuh atau terjaga.



3 Cara Agar Vitamin di Buah Tidak Hilang:

1. Pilihlah buah yang masih segar.
Tanda buah yang masih segar adalah warnanya masih terang dan tidak terlalu lunak jika ditekan. Jika kebetulan ada bagian buah yang sudah rusak, maka hilangkanlah bagian yang rusak tersebut.





2. Cucilah buah sampai bersih dengan air mengalir.
Setelah dicuci, lalu kupas sebelum diberikan kepada si kecil. Untuk beberapa buah tertentu seperti apel, pir, tomat dan anggur tak perlu dikupas karena justru bagian kulitnyalah yang banyak mengandung gizi.

3. Jika Dijus, pastikan semua peralatan bersin.
Kalau dibuat jus, pastikanlah bahwa semua peralatan seperti blender, pisau untuk memotong, dan gelas dalam kondisi bersih. Kemudian sajikan jus bersama dengan ampasnya. Karena nutrisi dalam ampas jus justru lebih banyak terkandung. Sementara sarinya hanya mengandung air, sedikit vitamin dan gula.

Itulah tips sederhana yang bisa dilakukan agar kandungan vitamin di buah tidak segera hilang.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Agar Vitamin di Buah Tidak Hilang"

Post a Comment