Wednesday, January 29, 2014

Obat Anti Galau Super Ampuh

Bismillahir-Rahmaanir-Rahim ...

Kegembiraan adalah pintunya kesedihan, dan kesedihan adalah pintunya kebahagiaan .. Nggak ada yang selama-lamanya ..

Ketika Allah SWT memberikan 1 kesulitan maka Allah SWT menemaninya dengan 2 kemudahan ...

Masalah besarnya bukan seberapa besar dosa kita, ..
Tapi seberapa besar taubat kita kepada Allah swt ..

Atau tantangan kita bukan berapa kali kita jatuh ..
Namun berapa kali kita memutuskan untuk kembali bangkit ...


Berharap kebaikan dari-Nya adalah wajib, Sedang berputus asa dari rahmat-Nya adalah haram ...

Maka ketika lapang, bagikanlah kesenangan pada orang lain Mudah-mudahan ada pula yang berbagi senang ketika kita dalam keadaan susah ...

Namun, ketika galau, lebih baik dipendam sendiri dan diadukan kepada Allah, .. Khawatir bila diadukan pada manusia akan menambah beban mereka ..

Semua manusia pasti punya masalah yang sama berat, Hanya sebagian mengadukannya pada manusia dan sebagian lagi mengadukannya pada Allah SWT, ..

Sayangnya yang mengadukan galau pada ramai manusia .. Tak mendapatkan apa-apa kecuali mengumbar aib dan kelemahan diri, tanda ketidak matangan diri ... Yang layak digalaukan bukan sesuatu yg akan pudar seiring berjalannya waktu, .. Lebih pantas menggalau akan hari yang lebih panjang, masa yang lebih lama .. saat kita di akherat nanti ..

Sebagaimana seorang tukang parkir tak menggalaukan mobil yang datang dan pergi, Karena dia sadar itu bukan miliknya ..

Begitupun manusia, merasa kehilangan padahal ia tidak pernah memiliki apapun, .. Kecuali yang dipinjamkan Allah kepadanya ...

Begitulah Sahabat Abu Bakar memperingatkan bahwa cukup dunia ditaruh ditangan .. Tak perlu dimasukkan kedalam hati, karena ia akan segera mengakar ..

Karena keindahan dunia layaknya mawar berduri Makin kuat digenggam, semakin sakit dirasa, .. menggalau terus sepanjang masa .. Kepunyaan Allah-lah seluruh isi langit dan bumi, dan kepada-Nya lah segala sesuatu menyembah ...

Apa yang kita miliki? Tekukkan lutut, angkat telapak tangan, mulailah berdo'a kepada Pemilik dan Pemberi Kehidupan ... INSYA ALLAH Dia berkenan mengangkat segala kesedihan kita ...

Galau bisa jadi berarti kita kurang mengingat-Nya, ..
Dan tak ada sesuatupun menggalaukan bila semua kita wakilkan pada Allah SWT ...

Walaupun begitu, memang manusia diciptakan dalam keadaan rapuh, .. hanya 1 cara untuk menjadi kuat, yaitu "MENDEKATLAH pada ALLAH" ...

Semoga kita semua pembaca tanpa terkecuali diberi karunia dan hidayah agar kita selalu dapat mendekatkan diri kepada-Nya Aamiin ...

Wallahu a'lam bishshawab, ..
... Semoga tulisan ini dapat membuka pintu hati kita yang telah lama terkunci ...

Tuesday, January 28, 2014

4 Kiat Tetap Dekat Anak Meski Super Sibuk

Super sibuk apapun orang tua, dianjurkan untuk menyempatkan diri menghabiskan waktu dengan buah hatinya. Selain mendekatkan ikatan batin di antara keduanya, ada hal penting lain yang hanya didapat orang tua ketika mereka bercengkerama dengan anaknya.

Menurut psikolog Jodie Benveniste, anak yang cenderung menjaga interaksi dengan orang tuanya bisa berperilaku lebih baik dan hidupnya lebih tenang. Selain itu, anak juga tahu bahwa mereka sangat berarti, penting, dan layak mendapatkan perhatian penuh dari orang tuanya.


Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk tetap bisa menjaga kedekatan dengan anak di tengah padatnya aktivitas:


1. Jadwalkan kapan anda akan menghabiskan quality time dengan anak dalam buku harian atau kalender. Minimal lakukan sebulan sekali.

2. Beri perhatian penuh pada anak ketika anda sedang bersama mereka. Jauhkan semua perangkat elektronik dan dengarkan apa yang diceritakan anak dengan seksama.

3.Ucapkan terima kasih karena mereka sudah menghabiskan waktu bersama anda. Tidak lupa, tanyakan apa yang mereka inginkan di quality time berikutnya.

4. Nikmatilah saat-saat kebersamaan anda dengan buah hati karena saat ia sudah menginjak masa remaja, akan lebih sulit bagi anda untuk bisa menghabiskan waktu dengannya.

Jodie menambahkan memfokuskan satu waktu dengan anak bisa mengetahui apa perspektif mereka tentang segala sesuatu di kehidupan ini. Mereka pun akan lebih terbuka dengan orang tua termasuk hal-hal yang ingin mereka lakukan kelak.

sumber jpnn.com

Monday, January 27, 2014

4 Hal Penjelasan Tentang Metabolisme

Kebanyakan orang beranggapan bahwa metabolisme itu penting demi menjaga berat badan. Metabolisme pun dianggap perlu diperhatikan demi menjaga tubuh tetap langsing.
Namun, mungkin tidak banyak yang tahu arti metabolisme itu sebenarnya. Metabolisme didefinisikan sebagai reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk sel.

Tapi selain itu, ada empat hal lain yang dapat menjelaskan lebih jauh apa itu metabolisme.
Apa saja itu?


1. Tidak semua orang langsing cepat bermetabolisme

"Terkadang ada orang-orang kurus yang metabolismenya rendah dan tidak makan banyak. Dan ada juga orang-orang gemuk dengan metabolisme yang sangat tinggi dan makan dengan porsi besar," kata seorang pakar endokrinologi dari Mayo Clinic, Michael Jensen, MD, seperti dilansir laman ABC News, Kamis (23/1).




2. Jaringan ramping membakar lebih banyak kalori termasuk saat tidur

"Otak, jantung, hati, dan ginjal menggunakan begitu banyak energi, meskipun anda tengah berbaring. Sedangkan otot dan saluran pencernaan tidak banyak digunakan ketika beristirahat sehingga lemak hampir tidak membakar apapun," kata Dr. Jensen.

Jadi menurut perkiraan Dr. Jensen, setiap orang akan membakar satu kalori per menitnya saat tengah beristirahat. Sedangkan seperempatnya disumbang oleh otot dan seperlimapuluhnya dibakar oleh lemak.

3. Orang-orang tidak bisa menguruskan badana hanya dengan memotong kalori

"Saya tidak pernah melihat seseorang dengan tingkat metabolisme yang benar-benar rendah seperti itu. Orang-orang yang mengira mereka hanya makan makanan yang mengandung 800 kalori seringkali justru memiliki resting metabolic rates (tingkat metabolisme ketika beristirahat) mencapai 1.500 kalori,"kata Dr. Jensen.

Lalu mengapa mereka tidak bisa menurunkan berat badannya? Menurut Dr. Jensen, bisa jadi mereka sering mengonsumsi lebih banyak kalori tanpa mereka sadari. Untuk itu, setiap orang disarankan untuk mencatat segala hal yang mereka konsumsi secara akurat.

4. Kurangi asupan 500 kalori per hari belum tentu menurunkan berat badan satu pound seminggu

1 pound atau 500 gram lemak sebenarnya sama besarnya dengan 3.500 kalori dan mungkin jika anda mengurangi kandungan kalori dalam makanan anda sebanyak 500 kalori bisa jadi anda akan kehilangan berat badan sebesar satu pound di minggu pertama.

"Namun ketika anda makan sedikit, anda kehilangan jaringan ramping (lean tissue) sehingga tingkat metabolisme basal (ukuran energi yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi tubuh saat istirahat) juga menurun," kata Dr. Jensen.

Sebaliknya seseorang bisa mengalami penambahan berat badan hingga lebih dari satu pound setelah mengonsumsi 3.500 kalori karena kalori disimpan sebagai gula sehingga anda dapat menahan air di dalam tubuh.

sumber jpnn.com

Friday, January 10, 2014

6 Cara Mencegah Migrain pada Anak

Hadeeh...ternyata bukan orang dewasa saja yang sering mengalami migrain. Anak-anak pun ternyata sering mengalaminya.

Suatu penelitian pada anak-anak mengenai sakit kepala migrain, yang diterbitkan dalam Jurnal Cephalagia dan melibatkan 1.856 anak-anak dari usia 5 sampai 11 tahun, menemukan bahwa anak-anak dengan sakit kepala migrain memiliki risiko lebih tinggi memiliki gangguan perilaku.

Temuan ini sama dengan hasil dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa anak-anak yang sering mengalami migrain memiliki risiko lebih tinggi mengalami depresi, kecemasan, dan hiperaktif.

Masalah perilaku ini bisa menjadi pemicu serangan migrain pada anak-anak. Hubungan antara masalah depresi, hiperaktif yang menyebabkan migrain sulit di hilangkan karena semua kondisi ini sering terjadi pada anak-anak.

Hal yang paling penting untuk disadari adalah bahwa anak-anak memang sering mengalami migrain. Bahkan, migrain adalah salah satu dari lima gangguan masa kanak-kanak yang jauh lebih umum daripada asma pada anak.


Beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua terhadap anak untuk mencegah migrain:


  1. Memastikan anak minum cukup cairan, karena dehidrasi adalah pemicu umum migrain.
  2. Hindarkan kafein dari anak. Kafein dalam soda atau minuman energi mungkin menjadi salah satu pemicunya.
  3. Pastikan anak makan teratur dan mengonsumsi makanan sehat.
  4. Olahraga yang cukup, karena dengan olahraga dapat mengurangi stres, yang bisa menjadi pemicu migrain.
  5. Pastikan anak cukup tidur. Kebanyakan anak-anak membutuhkan sembilan jam atau lebih untuk beristirahat.
  6. Bantulah anak untuk menghindari stres, depresi, dan cemas sehingga membantu mengurangi migrain pada anak.

Migrain merupakan salah satu sakit kepala yang sering dialami orang orang dari segala usia. Sebelum usia 7 tahun ternyata anak laki-laki lebih sering mengalami migrain. Namun setelah pubertas, migrain lebih sering terjadi pada anak perempuan.

Penyebab migrain pada anak-anak mungkin 60-70 persen karena faktor genetik, dan 30-35 persen karena faktor lingkungan, sehingga Anda mungkin tidak dapat mencegah migrain.

Meskipun pemicu migrain sulit untuk diidentifikasi dan mungkin berbeda setiap anak, tapi ada beberapa langkah dasar yang dapat anda ambil dan juga dapat membantu mencegah masalah perilaku yang berhubungan dengan migrain.

Thursday, January 9, 2014

6 Faktor Penyebab Anak Obesitas dan Penanganan

OBESITAS atau kegemukan itu terjadi karena terjadi ketidakseimbangan antara konsumsi energi dan pengeluaran energi. Asupan energi yang berlebihan secara kronis akan menimbulkan kenaikan berat badan, berat badan lebih (over weight), dan obesitas. Prevalensi obesitas berkaitan dengan interaksi faktor lingkungan seperti asupan energi, aktivitas fisik, faktor genetik serta umur.

6 Faktor yang menyebabkan terjadinya obesitas pada adalah sebagai berikut:

1. Pola makan.
2. Karakteristik individu.
3. Hereditas.
4. Psikologi.
5. Aktivitas fisik.
6. Gaya hidup.

Anak yang lahir dengan berat badan rendah dan pendek, atau bayi yang sudah diberikan susu formula, bisa menyebabkan gizi lebih. Sebab hal itu energi yang masuk berlebihan dibandingkan dengan kebutuhannya.

Untuk mengatasi masalah gizi lebih ini, perlu dilakukan 3 hal ini:

1. Perubahan sosial baik gaya hidup (pemilihan susu dan jenis makanan).
2. Perilaku makan (pemberian makanan sebagai hadiah).
3. Penyiapan lingkungan yang kondusif.

Agar mencapai 3 hal tersebut, sangat diperlukan komitmen seluruh pemangku kepentingan sehingga kebijakan mengatasi masalah gizi ini menjadi lebih mudah terintegrasi dalam program pemerintah.

3 Kebiasaan Bikin Cepat Proses Penuaan Dini

Selama ini, yang menjadi asumsi banyak orang tentang penyebab terjadinya penuaan dini ialah kebiasaan merokok yang sulit dihindarkan (candu) dan juga keadaan stres yang berkepanjangan dan tidak berkesudahan.

Siapapun tentu tidak ingin mengalami penuaan dini alias kelihatan lebih tua daripada umur yang semestinya. Banyak orang, terutama kalangan wanita, yang stres ketika ada orang lain yang menyebut dirinya lebih tua dari umurnya. Memang benar bahwa faktor-faktor tersebut merupakan penyebab penuaan dini yang dialami seseorang. Pertanyaannya, apakah hanya itu saja yang menjadi faktor penyebab penuaan dini seseorang?


Ternyata masih banyak hal lainnya yang juga dapat menjadi faktor signifikan seseorang terlihat lebih tua dari umurnya. Berikut merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari karena dapat mempercepat proses penuaan Anda.

1. Makanan Dimasak Terlalu Lama


Soal makanan juga harus secara detail dan teliti diperhatikan. Waspada dengan makanan yang terlalu lama dimasak di atas penggorengan atau pemanggangan. Makanan yang dimasak dalam suhu yang tinggi akan menghasilkan senyawa yang bisa meningkatkan tingkat peradangan dan meningkatkan resiko timbulnya berbagai macam penyakit.

Ketahuilah bahwa tingkat tertinggi dari senyawa ini berada pada makanan berlemak dan daging, sedangkan yang terendah terdapat pada makanan seperti sayuran. Makanan-makanan tersebut ketika dimasak terlalu matang bisa mempercepat proses penuaan dan sangat erat kaitannya dengan penyakit berat lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga disarankan menghindari makanan siap saji (fast food), daging yang mengandung lemak tinggi, serta makanan olahan. Sebaliknya, untuk menjaga kondisi kesehatan dan penuaan dini perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan segar yang kaya antioksidan.

2. Berlari di Tanjakan atau Tangga


Mungkin Anda terkaget-kaget kenapa kok berlari malah menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini pada seseorang. Bukannya berlari termasuk kegiatan olahraga dan olahraga sangat dianjurkan karena memiliki efek yang bagus untuk kesehatan. Namun demikian, berlari ternyata tak selamanya baik. Dalam laporan American Orthopedic Society for Sports Medicine (AOSSM) menjelaskan bahwa berlari dengan menanjak ternyata dapat memberikan beban tambahan pada lutut dan pergelangan kaki.

Ketika aktifitas (berlari di tanjakan) tersebut dilakukan, ada setidaknya empat kali peningkatan beban pada lutut yang akhirnya bisa menyebabkan kerusakan dini pada tulang rawan atau yang dikenal juga dengan arthritis. Makanya ketika Anda sedang memiliki program untuk berlari sebaiknya menghindari jalanan yang ada tanjakannya, bahkan bagi mereka yang sudah termasuk kategori pelari berpengalaman sekalipun. Berlari di tempat yang datar dan halus tentunya lebih aman buat Anda.

3. Tidak Menjaga Keseimbangan Tubuh


Pada usia produktif sebaiknya banyak melakukan aktifitas fisik yang akan mengelola dan mengatur gerak tubuh sehingga keseimbangan bisa tetap terjaga. Menjaga keseimbangan tubuh sangat diperlukan dengan banyak berolahraga salah satunya, supaya ketika usia tua tulang-tulang tetap bisa menyangga kondisi tubuh. Tidak pandai-pandai dalam menjaga keseimbangan tubuh akan mengakibatkan proses penuaan yang cepat.
Kebiasaan Buruk saat Duduk

Perhatikan cara duduk Anda jangan sampai terlalu menunduk ke bawah—saat menggunakan laptop misalnya. Jika posisi duduk salah maka efeknya akan menyerang pada bagian tulang leher, punggung, dan lainnya. Kondisi membungkuk diakibatkan kesalahan duduk akan menyebabkan Anda dikira kakek-kakek sekalipun usia masih muda dan produktif. Makanya perhatikan cara duduk Anda dalam keadaan apapun.

Itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya mulai diubah supaya tidak berakibat buruk pada kondisi tubuh. Proses penuaan dini tak hanya terlihat pada kulit yang sudah agak keriput saja, namun juga dicirikan dengan kondisi badan yang membungkuk akibat kebiasaan salah duduk, mata yang tidak jelas lagi melihat, dan lainnya.

Semua tanda-tanda penuaan tersebut bisa dihindari dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten sehingga hasilnya bisa dirasakan secara nyata.

sumbar: http://www.deherba.com/inilah-kebiasaan-kebiasaan-yang-mempercepat-proses-penuaan.html

Wednesday, January 8, 2014

4 Penyebab dan Gejala Tumor Kelenjar Gondok

BENJOLAN atau tumor yang ada pada leher depan dapat disebabkan karena kelainan pada kelenjar gondok (kelenjar tiroid). Kelenjar gondok ini letaknya ada di bagian bawah, sedangkan kalau pada laki-laki letaknya ada di samping kanan kiri jakun.

Setiap pembesaran dari kelenjar gondok atau tiroid, disebut dengan nama struma atau goiter.

Antara gondok dengan gondong berbeda artinya. Gondok letaknya ada di daerah jakun sedangkan gondong letaknya ada di lain tempat seperti sekitar daerah pipi.

Agar bisa dilakukan penanganan dengan tepat, maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu sebenarnya apa penyebab dari gondok ini.

4 Macam Penyebab Kelainan Kelenjar Gondok

Pembesaran kelenjar gondok disebabkan oleh 4 macam kelainan yaitu:
1. Pembesaran kelenjar tiroid yang fungsional akibat kekurangan yodium.
2. Karena pertumbuhan sel abnormal atau neoplasma baik yang jinak maupun yang ganas (kanket).
3. Karena inflamasi atau peradangan baik akut maupun kronis.
4. Karena kelainan bawaan atau congenital yang dibawa sejak lahir.




Benjolan pada kelenjar gondok yang sering dijumpai adalah strauma nontoksik, yaitu pembesaran kelenjar gondok yang biasanya disebabkan kekurangan yodium yang kronis.
Gejalanya adalah adanya kelenjar gondok yang membesar dengan lambat bahkan tahunan.

Jika strauma ini ukurannya besar, maka dapat menyebabkan gangguan mekanis berupa prnrkanan pada trakea atau jalan nafas sehingga menyebabkan kesulitan bernafas. Juga bisa mendesak saluran makanan sehingga menyebabkan sulit menelan. Pada umumnya kesehatan penderita tidak terganggu dan tidak ada keluhan rasa sakit sama sekali.




Gejala Tumor Kelenjar Gondok

Gejala tumor kelenjar gondok adalah berupa adanya benjolan di leher depan bawah. Kalau digunakan untuk menelan, maka benjolan itu akan ikut bergerak naik saat menelan. Bila tumor kelenjar gondok jinak, maka pembesarannya relatif lambat, bisa tahunan. Sedangkan bila yang ganas atau kanker, maka pembesarannya relatif cepat.



Benjolan bisa terjadi hanya pada satu sisi saja, apakah di kanan atau di kiri atau di tengah. Namun bisa juga di kedua tempat baik di kiri maupun kanan, atau bisa juga di tengah-tengah leher bagian bawah.

Dokter nantinya akan mendiagnosa apakah benjolan itu memang benar-benar neoplasma atau pertumbuhan sel abnormal, inflamasi atau lainnya. Tentunya pengobatannya disesuaikan dengan diagnosisnya. Kalau suatu inflamasi atau peradangan, maka dapat diobati dengan obat obatan. Akan tetapi kalau suatu neoplasma atau daging tumbuh, maka pengobatannya harus dengan cara operasi.

Kenapa Setelah Olahraga Wajah Tampak Memerah

USAI melakukan olahraga, reaksi yang paling sering muncul adalah derasnya keringat yang mengucur.

Namun bagi sebagian orang, terjadi perubahan dengan kulit wajah yang memerah.

Jangan panik. Ahli Bedah Plastik, Dr. James Marotta seperti yang dilansir laman Huffington Post, Minggu (15/12) mengatakan perubahan ini terjadi karena ketika berolahraga, pembuluh kapiler di wajah dan seluruh tubuh akan membesar.

Akibatnya, darah akan mengalir dalam upaya memindahkan panas. Upaya ini membantu anda tetap dingin saat berolahraga, tetapi juga dapat membuat kulit terlihat memerah, terutama pada wajah.


"Pasien yang kulit wajahnya sangat memerah saat sedang olahraga biasanya memiliki lebih banyak pembuluh darah superfisial di kulit pipi dan dagu," kata Marotta.

Lain halnya jika sejak awal kulit wajah sudah memerah. Saat berolahraga, jumlah darah yang terdistribusikan ke permukaan kulit akan semakin banyak. Akibatnya tidak hanya memerah, tetapi juga akan menghangat.

"Apabila anda mengalami rosacea atau disfungsi vasomotor lain, maka meskipun anda mungkin memiliki jumlah kapiler yang sama maka wajah anda mungkin akan lebih memerah dibandingkan orang lain," kata Dr. Bobby Buka, seorang dermatologis dari New York.

Jika wajah anda memerah saat berolahraga dalam suhu panas ekstrem, maka itu bisa menjadi gejala terjadinya heatstroke. Gejala lain dari heatstroke termasuk keluarnya keringat berlebihan, mual dan pusing. Kondisi seperti ini memerlukan perhatian medis karena menyebabkan suhu tubuh menjadi tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan pada otak, jantung, ginjal dan otot.

Tetapi jika penyebabnya hanya karena terlalu banyak olahraga tanpa kondisi abnormal lain, maka yang bisa anda lakukan adalah intervensi bedah.

sumber jpnn.com

Tuesday, January 7, 2014

7 Rasa Nyeri pada Bagian Tubuh Diagnosa dan Penanganan

Apakah ada bagian tubuh Anda terasa nyeri...entah itu di punggung, di paha dan bagian tubuh lain. Sebaiknya Anda mulai merasa khawatir dan jangan dianggap remeh karena bisa jadi membahayakan nyawa Anda. Yang paling sering dirasakan nyeri pada pria adalah nyeri di daerah punggung, seperti saaaya dahulu.

Kirain cuma pegal-pegal saja, namun ternyata saya yang mengidap batu ginjal dan kata dokter sangat berbahaya karena batunya meruncing dan bisa merobek bagian tubuh sebelah dalam.

Seringkali seseorang merasa terlalu takut untuk memeriksakan nyeri yang dialaminya ke dokter atau justru terlalu menyepelekan. Padahal ada beberapa jenis nyeri yang menandakan gejala penyakit serius dan perlu diberikan pengobatan sesegera mungkin.

Berikut 7 jenis nyeri yang sebaiknya segera anda periksakan ke dokter:


1. Nyeri punggung

Kondisi:

"Jika kondisi ini terjadi tidak setelah anda berolahraga, maka bisa menjadi tanda dari aneurisma," kata Sigfried Kra, MD, seorang profesor di Yale School of Medicine.

Menurut Sigfried, yang paling mengganggu adalah aneurisma perut, yang terjadi ketika aorta tepat di atas ginjal melemah.

Kemungkinan lain: Batu ginjal

Diagnostik: CT scan menggunakan intravena radiopaque dye untuk mengungkap ukuran dan bentuk aneurisma. Setelah dimensi ditentukan, dokter akan mengobatinya dengan obat tekanan darah atau operasi.

2. Nyeri mendadak pada pangkal paha

Kondisi: Kemungkinannya disebut sebagai torsi testis. Umumnya testis seorang pria melekat pada tubuh dalam dua cara, yaitu dengan spermatic cords (yang tersambung sampai ke dalam perut) dan sebuah struktur berdaging dekat skrotum.

Namun kadang-kadang dalam kondisi cacat bawaan yang juga sering terjadi, struktur ini menghilang. Hal ini memungkinkan salah satu dari spermatic cords menjadi bengkok dan memotong aliran darah ke testis.

"Jika segera diatasi oleh dokter dalam jangka waktu 4 hingga 6 jam, testis masih bisa diselamatkan. Tapi setelah 12 hingga 4 jam, kecil kemungkinan testis anda bisa terselamatkan," kata seorang urolog di University of Minnesota, Jon Pryor, MD, seperti dilansir laman Men's Health, Senin (6/1)..

Kemungkinan lain: Infeksi pada epididimis (tempat penyimpanan sperma).

Diagnostik: Pemeriksaan fisik, USG, pemberian antibiotik untuk menahan infeksi.




3. Nyeri kaki atau tulang kering

Kondisi: Bisa jadi merupakan tanda fraktur akibat stres pada tulang. Sama seperti semua jaringan lain di dalam tubuh, tulang terus-menerus beregenerasi sendiri.

"Jika anda melatihnya terlalu keras, tulang tidak memiliki kesempatan untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan pada akhirnya menimbulkan fraktur stres," kata Andrew Feldman, MD, seorang dokter di New York Rangers.

Pada akhirnya, tulang kemudian bisa melemah secara permanen.

Diagnostik: Dokter akan menganjurkan anda untuk melakukan X-ray. Setelah ditemukan masalahnya, dokter akan memberikan pengobatan dan biasanya anda akan diminta untuk tidak berlari terlebih dahulu. Pada kasus terburuk, anda mungkin akan digips selama beberapa pekan.

4. Nyeri perut

Kondisi : Rasa sakit di perut bisa menjadi gejala dari appendicitis (radang usus buntu), pancreatitis (radang pankreas), atau radang kandung empedu. Tiga kondisi tersebut penyebabnya sama, yaitu adanya sesuatu yang telah memblokir organ-organ tersebut. Pemblokiran ini kemudian mengakibatkan infeksi fatal.

Diagnostik : Jika rasa sakit tersebut berada di posisi perut kanan bawah dan jumlah kadar sel darah putih anda meningkat, maka kemungkinan nyeri tersebut muncul akibat radang usus buntu.

Jika nyeri tersebut berada di posisi perut bagian atas dan disertai juga dengan peningkatan sel darah putih maka kemungkinan terjadi radang kantong empedu.

Dan jika nyerinya terjadi di bawah tulang dada dan enzim tertentu dalam darah meningkat, maka pankreatitis (radang pankreas) mungkin menjadi penyebabnya.

5. Nyeri dada

Kondisi: Ini bisa muncul akibat gangguan pencernaan atau masalah pada jantung.

"Bahkan jika durasinya sangat pendek, tetap bisa menjadi tanda sesuatu yang serius," kata John Stamatos, MD, direktur medis North Shore Services, Long Island.



Pembekuan darah mungkin telah bersarang di bagian menyempit dari arteri koroner Anda, sehingga menghambat aliran darah ke salah satu bagian jantung. Lima puluh persen dari kematian akibat serangan jantung terjadi dalam waktu 3 hingga 4 jam gejala awal. Periksakan segera jika terjadi nyeri di dada.

Diagnostik: Dilakukan pemeriksaan tes darah untuk penanda jaringan jantung yang rusak. Untuk pengobatan biasanya akan dilakukan angioplasti atau bedah bypass, bergantung pada diagnosis dokter.

6. Nyeri kaki disertai pembengkakan

Kondisi: Duduk di satu tempat selama 6 jam atau lebih akan membuat darah menggumpal di kaki bagian bawah (disebut juga trombosis vena atau DVT). Jika sudah parah, gumpalan yang cukup besar mampu menghambat pembuluh darah di betis, menghasilkan rasa nyeri dan pembengkakan.

Sering sekali, hal pertama yang anda mungkin lakukan adalah menggosok-gosok kaki. Padahal itu justru merupakan hal terburuk.

"Menggosok-gosok kaki dapat membuat gumpalan besar tersebut beralih ke paru-paru dan menjadi sangat membahayakan," kata Stamatos.

Diagnostik: Dilakukan venogram dan diperiksa dengan x-ray merupakan cara yang pasti untuk mendiagnosis DVT.




7. Nyeri saat buang air kecil

Kondisi:

"Kemungkinan terburuk dari nyeri saat buang air kecil adalah kanker kandung kemih," kata Joseph A. Smith, MD, Ketua Departemen Bedah Urologi di Vanderbilt University.

Merokok merupakan faktor risiko terbesar dari kanker ini. Jika dideteksi sedini mungkin, ada kemungkinan 90 persen bisa diatasi dengan baik.

Diagnostik: Tumor akan diobati dengan pembedahan, radiasi, atau kemoterapi.

Pada intinya, segera periksakan ke ahli medis kalau Anda mengalami hal-hal yang tidak nyaman pada tubuh. Semakin cepat maka akan lebih baik.

sumber:
jawa pos.

Ciri-Ciri Hamil Mulai Minggu 6

Di balik kebahagiaan menanti si buah hati, muncul berbagai keluhan yang kadang-kadang menyebalkan. Berbagai keluhan yang berbeda-beda munculsesuai dengan tahapan usia kehamilan.

Tidak perlu stress ataupun panik, kenali gejalanya, supaya Anda bisa melakukan tindakan yang tepat agar tidak membahayakan Anda dan janin.


Berikut ini minggu-minggu waspada kehamilan dan gejala yang terjadi:


Minggu ke-6

Ibu: Gejala mual-mual mulai muncul. Waspada jika Anda muntah berat (hiperemesis gravidarum). Kondisi ini cukup mengganggu karena melelahkan dan dapat menurunkan berat badan ibu.

Janin: Embrio berubah bentuk menjadi janin. Ukurannya seperti kacang tanah serta sistem saraf dan tulang belakangnya mulai terbentuk.

Minggu ke-7

Ibu: Kadang kepala terasa berputar-putar, pusing. Jangan sembarangan minum obat, konsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda.



Janin: Jantungnya mulai tumbuh, telah terbentuk bilik kiri dan kanan. Pemeriksaan ultasonografi (USG) dapat mendeteksi denyut jantung.

Minggu ke-8
Ibu:Susah ke belakang? Wajar saja. Yang penting banyak makan makanan berserat, seperti sayur, buah dan biji-bijian.

Janin: bentuk organ luar tubuhnya mulai terlihat jelas. Kakinya telah dilengkapi telapak dan jemari, daun telinga telah terbentuk, dan lengan mulai mengalami fleski (pembengkokan) pada siku dan pergelangan.

Minggu ke-12
Ibu: Mungkin terjadi saat gosok gigi akan berdarah. Bila berkali-kali terjadi, kunjungi dokter gigi, dan katakan Anda sedang hamil.

Janin: kantung ketuban telah berisi 50 cc cairan, yang siap melindungi janin dari berbagai benturan dan guncangan. Saat ini jani sudah dapat menyerap dan mengeluarkan cairan.

Minggu ke-20
Ibu: Perut makain membesar, sakit pinggang mulai menyerang. Lakukan relaksasi, olahraga, dan biasakan sikap tubuh yang benar.

Janin: Kini beratnya sekitar 250 gram dan panjang 16 cm. kulit janin mulai dilindungi verniks kaseosa, sejenis lapisan berlemak.

Minggu ke-26
Ibu: awal-awal trisemester terakhir, kaki tampak dipenuhi spider vein yang tak sedap dipandang. Kontrok berat badan Anda, olahraga yang mengaktifkan kaki, dan konsumsi makanan berserat.




Janin: Kini paru-paru janin makin lebih baik digunakan untuk bernapas, sehingga bila terpaksa lahir premature, kemungkinan bisa survive.

Minggu ke-33
Ibu: Anda mulai sering merasakan kram pada kaki di tengah malam saat tidur. Minta bantuan suami menekuk telapak kaki yang kram ke arah tubuh.

Janin: Anda bisa merasakan gerakan-gerakan melintang janin pada perut. Ini pertanda janin sedang menyesuaikan posisi yang tepat untuk proses kelahiran. sumber beautytreats.co.id

Tips Mandi di Malam Hari

ADA banyak mitos mengatakan mandi malam hari bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Mulai dari masuk angin hingga bisa menimbulkan penyakit rematik. Tapi bila tidak mandi sebelum tidur kotoran dan keringat yang menempel membuat tubuh tidak nyaman dan terasa lepek.

Gadis Bening

Bila tetap ingin mandi malam, coba saja mandi dengan air hangat. Mandi malam dengan menggunakan air hangat ternyata juga memiliki efek baik bagi kesehatan. Seperti dilansir dari naturopathycure.com, mandi air hangat membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat kotoran setelah beraktivitas di siang hari.

Setelah seharian berkutat dengan urusan kantor yang melelahkan, mandi ketika pulang kantor akan membuat Anda lebih santai dan menyegarkan tubuh. Tidur dalam keadaan tubuh bersih dan segar, tentunya akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Biarpun mandi malam dengan air hangat mempunyai banyak manfaat tapi ahli tidak menganjurkan untuk sering mandi larut malam. Setidaknya mandi malam hari dianjurkan hanya dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Selain itu disarankan untuk tidak mandi 1 jam sebelum atau setelah makan. Hal tersebut bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Selamat mencoba...

sumber:
beautytreats.co.id

Monday, January 6, 2014

5 Tips Cara Mencegah Perut Membuncit

Perut buncit adalah perut yang terlihat oleh orang lain terasa besar meskipun kadangkala dilihat sendiri saja juga tampak besar. Nama lain perut buncit adalah perut gendut, perut njadun, dan sebagainya. Kalau saya menilai sendiri, biasanya perut buncit dimiliki oleh orang-orang yang sudah mapan kehidupannya, dimana mereka jarang sekali bergerak, ibarat diam saja maka uang akan datang (datang dari HONGKONG kali). Tapi ya belum tentu juga.

Saya sendiri tak suka sama sekali yang namanya perut buncit ini. Lihat saja di luar sana, banyak laki-laki atau perempuan sekarang perutnya buncit-buncit, padahal juga makannya tidak terlalu banyak loh.Perut memang bisa jadi bencana tersendiri dan salah satu penyebabnya adalah makanan. Karenanya, coba lima cara berikut ini untuk mencegah perut buncit.
Yaa Ampuuun...ini perut gede amat

Berikut 5 Tips Mencegah Perut Membuncit:

1. Hindari soda.

Minuman juga dapat membuat perut Anda semakin buncit. Jeannie Gazzaniga-Moloo, RD, jurubicara American Dietetic Association, menganjurkan Anda untuk lebih sering minum air putih dan menjauhi minuman berkarbonasi. Sebab, jenis minuman terakhir dapat membuat perut jadi kembung sehingga bentuknya jadi membuncit.

2. Pilih makanan kaya potasium.

Potasium dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga perut tidak mudah kembung. Ada begitu banyak makanan dengan kandungan potasium yang tinggi, yang bisa jadi pilihan sehari-hari. Di antaranya adalah buah melon, mangga, hingga sayur-sayuran seperti bayam, tomat, asparagus, dan kacang-kacangan.

3. Batasi gula.

Sebagian orang mengalami masalah dalam mencerna gula buatan, sehingga dapat menimbulkan gas dan gangguan seperti diare, begitu kata Patricia Raymond, MD, ahli gastroenterologi dari Chesapeake. Jika Anda curiga Anda adalah salah satunya, lebih baik kurangi asupan gula dan carilah dalam bentuk yang lebih alami.

4. Antisipasi PMS.

Jika Anda cenderung merasa lebih "bengkak" sebelum atau semasa sedang haid, pastikan Anda mendapatkan asupan kalsium dan magnesium yang cukup setiap harinya. Keduanya dapat membantu meredakan gejala PMS (pre-menstrual syndrome), yang salah satunya adalah perut kembung dan buncit.

5. Konsumsi probiotik.

Probiotik/ Bakteri "baik" ini dapat dikonsumsi secara teratur dan bisa menjauhkan Anda dari perut kembung dan buncit, kata Gazzaniga-Moloo. Bahkan, konsumsi bakteri "baik" juga dapat membantu wanita dengan gangguan irritable bowel syndrome, yang gejalanya meliputi nyeri perut, kembung, sembelit, serta diare.

Sumber probiotik yang baik misalnya terdapat dalam yoghurt, tempe, kimchee, butter milk, krim asam (sour cream), sourdough bread (roti dari adonan yang difermentasikan hingga asam) dan keju cottage (cottage cheese).

Disamping mengkonsumsi makanan sumber probiotik, kita juga perlu mengkonsumsi makanan prebiotik, yang menjadi nutrisi bagi "bakteri baik".

Secara alami senyawa prebiotik terdapat dalam makanan yang banyak mengandung serat seperti biji-bijian; sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan sayuran daun hijau serta buah-buahan. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan taoco, kaya akan senyawa prebiotik. Senyawa prebiotik tersebut juga banyak terdapat dalam tepung terigu dari gandum berkulit ari (whole wheat flour), bawang bombai, dan bawang putih.

sumber beautytreats.co.id

Penyakit Jantung Stroke Diabetes bisa Dicegah dengan Berjalan Kaki

HIDUP di daerah perkotaan saat ini sering kali membuat masyarakat tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga.

Jika anda salah satunya, sempatkanlah untuk berjalan kaki rutin 20 menit per hari guna mengurangi risiko penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Berjalan kaki selama 20 menit per hari juga telah menyelamatkan nyawa 37.000 orang setiap tahunnya dari penyakit kanker, serangan jantung, dan stroke. Berjalan kaki merupakan bentuk olahraga yang paling sederhana, sebab anda bisa melakukannya dalam perjalanan ke pasar, sekolah, atau kantor.

3 Cewek Mlaku-Mlaku
Di Inggris misalnya, lembaga kesehatan Walking Works melaporkan bahwa masyarakat di negeri Ratu Elizabeth itu belum memenuhi kebutuhan mereka akan aktivitas rutin, termasuk anjuran berjalan selama 20 menit per hari.

Berdasarkan laporan itu, jika saja masyarakat Inggris bisa melakukan rutinitas jalan kaki sebaik mungkin, maka sekitar 294.730 kasus diabetes dan 12.061 kasus serangan jantung akan dapat dicegah.

Para peneliti berpendapat, menjadi seseorang yang tidak aktif dapat mengurangi usia Anda sekitar 3-5 tahun dan meningkatkan risiko terkena kanker, serangan jantung, dan stroke hingga 25-50 persen.

Dr William Bird, pimpinan Walking for Health and Intelligent Health -sebuah organisasi yang mempromosikan tentang pentingnya beraktivitas- mengungkapkan bahwa kurangnya aktivitas fisik bahkan telah memberi pengaruh buruk pada kesehatan dibandingkan obesitas. Untuk pasien kanker, aktivitas fisik sederhana seperti rutin berjalan kaki juga turut membantu proses pengobatan yang sedang dijalani.

"Bahkan bagi pasien kanker yang sudah sembuh pun risiko kanker tumbuh kembali akan berkurang jika si pasien tersebut aktif melakukan latihan fisik, tak sekadar hanya diam saja. Di sinilah peran aktif dari tenaga medis untuk memberikan edukasi sangat diperlukan. Jadikan berjalan kaki sebagai gaya hidup agar lebih sehat," kata peneliti dari Macmillan Cancer Suppor, Ciaran Devane, seperti dilansir laman Daily Mail, Sabtu (4/1).

Dr Bird menambahkan, aktivitas fisik termasuk rutin berjalan akan membantu kerja sel membunuh benda-benda asing, mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel.

sumber jpnn.com

Sunday, January 5, 2014

4 Makanan Penyebab Perut Kram saat Menstruasi

Mau tau makanan apa saja yang dapat menyebabkan perut keram saat menstruasi atau haid?

Nah, ini dia 4 Makanan Penyebab Perut Kram saat Menstruasi:

1. Makanan berkadar gula tinggi.

Permen dan soda adalah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, terutama selama periode menstruasi. Sebab, jenis makanan tersebut dapat menyebabkan kadar gula dalam darah melonjak dan mempengaruhi tingkat emosi.

Anda lebih mudah tersinggung dan merasa lesu.



2. Kafein.

Hindari segala jenis minuman berkafein. Bila Anda mengonsumsinya, pembuluh darah Anda akan menyempit dan tubuh Anda akan mengalami dehidrasi.
Hal itu dapat mengakibatkan Anda mengalami sakit kepala dan merasa lebih gugup.

3. Makanan yang digoreng.

Semua jenis makanan yang telah digoreng terlebih dahulu memiliki kadar lemak dan minyak yang tinggi. Hal itu akan menyebabkan kadar estrogen dalam tubuh mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, onion ring, dan sebagainya, harus Anda hindari. Dengan begitu, kondisi rahim Anda menjadi lebih stabil, risiko kram dan nyeri pun dapat diminimalisir. Namun, Anda masih bisa mengkonsumsi jenis makanan ini bila mereka digoreng dengan menggunakan minyak hewan atau minyak sayur.

4. Makanan yang dipanggang.


Salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa kram dan nyeri selama menstruasi adalah dengan tidak mengonsumsi jenis makanan panggang. Mengapa?

Karena di dalam makanan panggang terkandung lemak trans dalam jumlah yang besar. Kandungan itu dapat meningkatkan kadar estrogen yang akan membuat rahim Anda mengalami kram dan terasa sakit.

sumber:
Beautytreats Indonesia

Saturday, January 4, 2014

Khasiat Kemenyan untuk Obati Kanker

BUAT penggemar rokok kretek atau yang dekat dengan kalangan perdukunan pasti tidak asing dengan kemenyan.

Getah kering itu biasa digunakan untuk campuran rokok "tingwe" (melinting dewe atau buatan sendiri, red) atau sering pula digunakan untuk pelengkap di sesajen.

Tapi tahukah anda, kemenyan juga dapat melawan kanker? Penelitian menunjukkan kemenyan dapat menyembuhkan peradangan pada sendi atau yang dikenal dengan rematik. Kemenyan juga dipercaya dapat digunakan sebagai antidepresan, pencegah infeksi, dan stimulan imun tubuh.


Karenanya, kemenyan kini dipuja sebagai salah satu keajaiban medis. Para ilmuwan dari Universitas Leicester menemukan bahwa ternyata getah kayu berbau aromatik itu dapat digunakan untuk mengobati kanker ovarium. Dalam penelitian mereka, para ilmuwan menemukan ada senyawa kimia dalam kemenyan yang bisa membunuh sel tumor ganas atau sulit ditangani.

Kanker ovarium stadium awal datang mengendap-endap seperti kucing dan biasanya sulit dideteksi. Sering, kanker ovarium baru terdeteksi ketika memasuki stadium akhir yang sudah sangat membahayakan. Itulah mengapa kanker ovarium adalah salah satu kanker yang paling mematikan.

Setiap tahunnya, ada lebih dari 7.000 kasus kanker ovarium di Inggris. Sebanyak 4.300 wanita pengidap kanker ovarium meninggal karena penyakit itu. Menurut perhitungan, rata-rata jumlah kematian karena kanker ovarium adalah 12 wanita per hari. Kabar baiknya, para ilmuwan Universitas Leicester yakin bahwa kanker ovarium bisa diatasi dengan kemenyan.

Kemenyan adalah kayu yang berasal dari genus Boswellia, pohon kecil yang banyak ditejumpai di Oman, Yaman, dan Somalia. Pohon tersebut sudah sejak lama diketahui memiliki khasiat anti inflamasi dan biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Kini, kayu yang mengeluarkan aroma wangi itu sedang diteliti sebagai salah satu pengobatan untuk kanker.

"Kemenyan telah digunakan oleh banyak orang tanpa ada efek samping yang diketahui," kata para peneliti, sebagaimana dilansir laman Daily Mail, Jumat (3/1). "Penemuan ini sangat potensial untuk diuji secara klinis di masa yang akan datang dan dikembangkan menjadi pengobatan tambahan untuk kanker ovarium."

sumber jpnn.com

Thursday, January 2, 2014

Inilah Alasan Kenapa Cewek Lebih Cepat Dewasa Ketimbang Cowok

APAKAH Anda memperhatikan bahwa remaja perempuan tampak lebih dewasa dibandingkan remaja laki-laki, meskipun memiliki usia yang sama?
Tidak sekadar teori, sebuah penelitian terbaru membuktikannya.

Hayuuu Tenan Cewek Kul ini

Studi yang dilakukan oleh Newcastle University ini menemukan bahwa pada dasarnya otak remaja perempuan memang matang lebih dini dibandingkan remaja laki-laki.

Para peneliti mengatakan temuan ini bisa juga membantu menjelaskan mengapa gadis-gadis remaja tampaknya tumbuh lebih cepat daripada teman sekelasnya yang laki-laki.

Seiring dengan bertambahnya usia, bagian-bagian pada otak menjadi lebih kecil karena koneksi antarsel yang tidak perlu akan dipangkas. Hal ini menyebabkan bagian pengolah menjadi lebih ramping dan efisien.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cerebral Cortex ini, ilmuwan melakukan scan otak pada 121 orang responden berusia 4 hingga 40 tahun.

Dari hasil scan tersebut ditemukan bahwa proses pemangkasan tersebut dimulai pada sekitar usia 10 tahun untuk anak perempuan, sementara pada laki-laki baru pada sekitar usia 20 tahun.

Menjelaskan proses perampingan otak tersebut, peneliti Dr. Marcus Kaiser mengatakan bahwa hal itu merupakan bagian dari proses belajar yang normal.

"Otak secara keseluruhan masih berkembang tetapi kehilangan koneksi. Serupa seperti jika anda berada di sebuah pesta, semua orang berbicara, dan anda tidak bisa konsentrasi.

Otak pun jika beberapa koneksinya tidak ada, akan lebih mudah baginya melakukan fungsinya," pungkas Dr. Kaiser, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (1/2).

sumber jpnn.com

Popular Posts