Penyebab dan Gejala Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian. Selain menyerang persendian, penyakit rematik juga menyerang otot dan urat.

Penyakit rematik juga merupakan peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Hal ini di karenakan terjadinya sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagi pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri, dan jamur. Hal ini dapat menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri.

Penyebab Penyakit Rematik


1. Kebiasaan hidup yang tidak teratur

Kebiasaanya yang tidak teratur dapat melukai energi di dalam darah. Hal tersebut disebabkan karena bekerja dalam lingkungan yang lembab, memakai baju basah berkeringat atau basah kehujanan yang menyebabkan masuknya penyebab penyakit dari luar seperti angin, lembab, dan udara dingin ke dalam tubuh, yang akibatnya terjadi penyumbatan energi dalam tubuh.

2. Sudah ada penyakit yang mengendap dalam tubuh

Penyebab-penyebab yang telah disebut di atas apabila mengendap lama di dalam tubuh maka akan menyebabkan encok juga. Karena penyebab-penyebab tersebut lama-kelamaan akan menjadi panas.

Dan panas inilah yang menyumbat energi darah sehingga darah tidak lancar.



Gejala Rematik


1. Kekakuan pada dan seputar sendi yang berlangung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
2. Bengkak pada 30 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
3. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
4. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.
5. Sakit atau radang dan terkadang bengkak di bagian pergelangan jari, tangan, kaki, bahu lutut, pinggang, punggung dan sekitar leher.
6. Sakit rematik dapat berpindah-pindah tempat dam nergantian bahkan sekaligus di berbagai persendian.
7. Sakit rematik biasanya kambuh pada saat cuaca medung saat mau hujan atau setelah mengonsumsi makanan pantangan seperti: sayur bayam, kangkung, kelapa, santan.

sumber: islampos.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyebab dan Gejala Rematik"

  1. kebetulan setahun terakhir pinggang saya sering terasa kesemutan dan setelah di riceking ternyata ada gejala rematik, minta obatnya dong kak

    ReplyDelete

Labels