5 Cara Ampuh Atasi Migrain

Migrain adalah sakit kepala yang berbahaya. Bila itu terjadi sebaiknya duduk atau berbaring dengan tidak melakukan apa-apa sejenak kemuudia lakukan salah satu dari lima hal di bawah ini.

Migrain biasanya disebut dengan sakit kepala sebelah merupakan jenis penyakit sakit kepala yang sangat mengganggu. Penderita sakit kepala ini dapat mengurangi tingkat produktifitas kerjanya dikarenakan keluhan yang dialaminya. Faktor-faktor penyebab migrain sangat bermacam-macam seperti faktor hormonal, sakit gigi, kurang tidur, stres, dan penyebab lainnya.

Penderita migrain pada umumnya dialami oleh wanita. Sebab, berdasarkan hasil riset menunjukkan bahwa 30 persen wanita lebih rentan menderita migran dibandingkan pria yang hanya mencapai 20 persen saja.


5 Cara Ampuh Atasi Migrain:


1. Kompres kepala dengan es

Mengompres kepala dengan es yang sudah dibungkus kantong plastik atau air dingin dapat meredakan migrain. Berbaringlah dengan posisi nyaman dan gosok kompres es di bagian yang sakit.

2. Mengkonsumsi vitamin B


"Mengkonsumsi setidaknya 400 mg vitamin B2 membantu mengurangi gejala migrain secara signifikan," kata ahli gizi Dr. Sunita Pathania, seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (20/10).



Sumber terbaik vitamin B2 adalah ayam, ikan, telur, kacang-kacangan (seperti kacang polong dan lentil), susu dan produk susu seperti yoghurt dan keju, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, asparagus, dan sereal juga menyediakan sejumlah besar riboflavin untuk diet.

3.Relaksasi

Karena stres merupakan salah satu pemicu utama migrain, maka cara pengatasan paling mudah adalah mengistirahatkan pikiran dari urusan pekerjaan. Pergi berlibur adalah salah satu alternatif mengatasi migrain yang paling menyenangkan.

4. Minum teh jahe hangat

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi migrain adalah minum teh jahe hangat. Perlu anda ketahui bahwa jahe sudah banyak digunakan oleh orang-orang Arab, India dan Cina dalam mengobati migrain.

Di dalam jahe terdapat kandungan antiinflamasi yang dapat membantu menghambat sintesis prostaglandin atau senyawa kimia yang dapat memicu terjadinya migrain. Dengan meminum teh jahe dapat menurunkan durasi dan tingkat keparahan ketika anda terserang penyakit migrain. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda juga bisa mencampurkan sedikit madu, lemon, atau susu kedalam minuman teh jahe hangat.

5. Akupunktur

Terapi akupunktur dapat meredakan migren dengan melepaskan penyumbatan energi dalam tubuh dan melancarkan kembali aliran darah, mengendurkan kembali pembuluh darah kecil yang menegang dan menjadi penyebab terjadinya migrain.

Penyakit migrain termasuk salah satu penyakit kambuhan artinya bisa muncul kapan pun dan di manapun. Untuk itu berhati-hatilah jika mengkonsumsi obat kimia untuk mengatasi penyakit ini, karena bisa membuat Anda menjadi ketergantungan.

sumber: jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "5 Cara Ampuh Atasi Migrain"

  1. Berarti mengkompres kepala dg es gak cuma buat menurunkan panas ya mas
    Trrima ksh untuk infonya :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mas atas infonya jujur saya baru tahu kalo sakit migran ini ada obat alami nya :)

    ReplyDelete
  3. migrain itu memang paling menyebalkan kalo datang..., saya cenderung memilih relaksasi dan minum jahe hangat..itu sangat menolong...
    keep happy blogging always,,,salam dari makassar :-)

    ReplyDelete