4 Penyebab Aneh dari Nyeri Punggung

Sakit nyeri pada punggung ini banyak dialami oleh orang-orang yang sudah dewasa meski tak menutup kemungkinan diderita oleh anak-anak dan balita dengan jumlah yang sedikit. Penyebab nyeri ini terdapat pada area otot, sendi dan bantalan ketika tubuh dipakai untuk bergerak.

Nyeri punggung adalah keluhan nyeri yang paling umum diderita. Orang yang perokok lebih beresiko untuk mengalami penyakit nyeri punggung ini dimana penyebabnya adalah karena arteri utama yang berjalan dari jantung melalui perut bisa berkembang lebih cepat sehingga menyebabkan sakit.




Pemakaian dan pembebanan pada bantalan tulang lama kelamaan akan menimbulkan perubahan struktur atau keseimbangan normal. Padahal masalah bantalan, sendi atau otot akan menimbulkan rasa nyeri ketika dipakai bergerak.

4 Penyebab Aneh dari Nyeri Punggung


1. Aneurisma aorta

Aortic aneurysm adalah balon dalam aorta, arteri utama yang berjalan dari jantung melalui perut. Sebuah aneurisma yang berkembang pesat dapat mendorong pada struktur yang mengelilingi dan melindungi saraf tulang belakang, menyebabkan rasa sakit.




Kondisi ini biasanya menyebabkan nyeri yang berkembang selama beberapa hari atau minggu, tetapi juga dapat datang tiba-tiba. Kebanyakan orang akan merasa sakit baik antara tulang belikat atau dari pusar, tergantung pada lokasi aneurisma. Orang dengan penyakit pembuluh darah perifer dan riwayat merokok sangat beresiko.

2. Posisi panggul

Salah satu penyebab utama nyeri punggung bawah adalah panggul yang tidak sejajar. Gelang panggul terdiri dari tiga tulang yang dapat bergeser tergantung pada otot lemah atau kaku.

Pada kebanyakan orang, jika sisi kiri panggul diputar ke kanan maka hal ini akan menarik otot-otot punggung bawah, menyebabkan rasa sakit dan kekakuan.

3. Otot ab lemah

Otot inti anda harus bekerja bersama-sama seperti sebuah tim untuk mengangkat dan membawa barang berat. Tetapi banyak orang memiliki otot perut yang lemah yang berarti anggota lain yaitu otot punggung bawah harus bekerja lebih keras. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan rasa sakit di punggung bagian bawah, dan akhirnya dapat menyebabkan cedera.



4. Infeksi pada cakram tulang belakang

Tahun lalu, para ilmuwan Denmark membuat penemuan mengejutkan yang bisa menjelaskan dan mengobati ketidaknyamanan punggung bawah pada banyak orang. Dokter telah memperhatikan bahwa MRI scan orang dengan nyeri punggung sering menunjukkan garis-garis abnormal pada struktur tulang belakang, yang disebut perubahan Modic.

Sekitar 8 persen orang dewasa mengatakan aktivitas mereka menjadi terbatas akibat gangguan nyeri punggung. Nyeri punggung sering dapat disembuhkan dengan mudah tanpa operasi atau obat-obatan. Sejatinya, 60 persen penderita nyeri punggung akut dapat bekerja kembali dalam waktu seminggu dan 90 persen penderita dapat bekerja kembali setelah enam minggu.

Sakit punggung merupakan salah satu penyakit yang pasti diderita 8 dari 10 orang dewasa dalam hidupnya. Paling sering sakit punggung terjadi karena meregangnya otot punggung atau meregangnya ligamen. Namun ada kalanya sakit timbul begitu saja secara perlahan.

sumber: Harian Surya

Subscribe to receive free email updates: