10 Tips Mencapai Berat Badan Ideal

Badan kalau kegemukan ataupun terlalu kurus sangatlah tidak ideal apalagi tinggi tubuh yang tidak memadai. Untuk melakukan program penurunan berat badan, tidaklah cukup hanya dengan membatasi asupan makanan. Keseimbangan antara makanan yang dikonsumsi dengan aktivitas yang dilakukan juga perlu dipertimbangkan.

Menjaga pola makan seringkali dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun belum tentu juga dan tidak selamanya benar seratus persen.

10 Tips Mencapai Berat Badan Ideal:

1. Kurangilah makan makanan ringan dan beralih ke buah-buahan.
2. Jangan mengurangi frekuensi makan, tetap jaga makan tiga kali dalam sehari termasuk sarapan.
3. Meskipun lemak bisa meningkatkan selera makan, upayakan untuk seminimal mungkin menggoreng lauk hewani karena tanpa digorengpun lemaknya sudah tinggi.
4. Minumlah air putih minimal 2 liter sehari. Fungsi air sebagai detox, yaitu mengeluarkan racun melalui keringat atau buang air kecil.



5. Kunyahlah makanan dengan perlahan.
Sebab mengunyah saat makan berpengaruh pada rasa lapar. Saat mengunyah di dalam mulut, makanan akan bercampur dengan enzim-enzim mulut. Semakin banyak enzim yang ada dalam makanan, maka sinyal tubuh akan menyala dan akan mengakibatkan rasa kenyang.
6. Hindarilah makanan yang terlalu asin.
Kandungan natrium pada garam akan membuat hasrat makan semakin bertambah.
7. Mulailah berperilaku gaya hidup sehat.
8. Konsumsilah makanan serat tinggi.
9. Olahragalah secara rutin.
10. Hindarilah begadang.
Sebab, hormon rasa lapar akan semakin tinggjika tidur larut malam.




Jadi diet yang aman adalah diet yang tanpa mengurangi frekuensi makan, yaitu sebanyak tiga kali. Kalau frekuensi dikurangi, maka hormon pemecah lemak menjadi inactiv. Hal yang disarankan adalah mengurangi porsi.

Demikian tips menggapai berat badan ideal. Daripada keluyuran dalam menyambut tahun baru 2015, sebaiknya mari kita gunakan hobi untuk menulis di blogger kawanku.

Subscribe to receive free email updates: