6 Makanan Pantangan Asam Urat "Benjol"

Asam urat sangatlah sakit kata ayah saya yang beberapa hari lalu menjenguk saya di kediaman yang mungil ini. Meskipun sakit selama bertahun-tahun, tapi ayah saya masih menyempatkan diri berkunjung ka tempat saya.

Penyakit asam urat ini baru akan dirasakan setelah berpuluh-puluh tahun ke depan, 10-20 tahun yang akan datang sakitnya akan kelihatan.

Pesan ayah saya, jangan makan yang enak-enak mulailah dari sekarang agar tidak menurun sepertinya penyakit asam urat ini. Kalau sudah parah, makan tubuh akan mengalami bentolan-bentolan yang menyakitkan di kaki maupun di tangan.



Ada enam pantangan yang wajib dihindari kalau tidak ingin kambuh atau bertambah parah. Keenam makanan tersebut disingkat "BENJOL".

6 Makanan Pantangan Asam Urat "Benjol"

1. B = Bayam.
2. E = Emping.
3. N = Nanas.
4. J = Jeroan.
5. O = Otak.
6. L = Lemak.

Disingkat dengan Benjol agar lebih mudah mengingatnya. Bayam adalah sayuran yang sangat berbahaya untuk asam urat, padahal bayam sangatlah tinggi zat besinya tapi sangatlah tinggi kandungan purinnya. Sebaiknya jangan makan bayam seumur hidup bagi penderita asam urat ini. Jadi sangatlah tepat kalau bayam dijadikan makanan pantangan nomor pertama.


Yang kedua adalah emping, bisa emping melinjo yang sangat cepat berefek sakitnya, asam urt akan kambuh dengan cepat kalau makan emping melinjo.

Buah-buahan yang tidak boleh dimakan adalah nanas. Jeroan dan otak sangat tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Saya rasa bukan hanya asam urat, namun penyakit-penyakit lainnya jua merekomendasikan sebaiknya jangan dikonsumsi demi kesehatan tubuh Anda, terutama bagi mereka yang sudah berumur 40 tahun ke atas.




Yang terakhir adalah LEMAK.
Ini yang sulit untuk dihindari, tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti gorengan dan sebagainya. Hindari saja biar tidak kambuh. Mungkin sepotong bolehlah sebagai obat ingin makan.

Oh iya, 6 makanan di atas jangan terlalu banyak mengkonsumsinya agar terhindar dari asam urat. Memang yang berlebihan bukan malah sehat tapi malah menjadikan seseorang menjadi sakit.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Makanan Pantangan Asam Urat "Benjol""

Post a Comment

Labels