3 Penyebab Bau Mulut yang Umum

Mulut Bau merupakan salah satu penyakit yang paling tidak disukai oleh kebanyakan orang.

Lalai dalam menjaga kebersihan mulut dan gigi akan menjadi sebab berkembang biaknya kuman dan bakteri, maka sisa makanan akan melakukan fermentasi di dalam mulut, lalu keluar darinya bau yang tidak sedap.

Karena bau mulut ini mempengaruhi kepercayaan diri seseorang menjadi berkurang. Oleh sebab itulah bau mulut harus segera diatasi. Sebenarnya apa ya yang mengakibatkan adanya bau pada mulut?


Berikut ada 3 penyebab yang mengakibatkan bau pada mulut, yaitu:


1. Berasal dari penyakit dalam

Luka di lambung mengeluarkan bau yang tidak sedap yaitu berupa bau asam lambung. Bagi orang yang menderita penyakit pada ususnya, pada saat sembelit (konstipasi) keluar bau yang tidak sedap dari mulut mereka.

Demikian pula pada saat seseorang mengalami gagal jantung maka akan keluar pula bau yang tidak sedap dari mulut seperti bau apel busuk. Para penderita penyakit diabetes, pada saat terjadi komplikasi akan tercium bau yang tidak sedap seperti bau aseton, ia akan keluar dari mulut orang yang sakit dalam situasi tertentu.

2. Berhubungan pada gigi dan gusi

Mulut adalah organ tubuh yang menjadi bagian wajah kita, darinya udara keluar pada saat berbicara dan makan, yang bersamanya ikut berbagai macam bau yang berasal dari makanan tersebut. Penyakit gigi, gusi, amandel dan rongga dada dianggap sebagai penyebab paling utama adanya bau tersebut. Jika suatu saat gigi berdarah atau sesuatu terselip di gigi atau amandel terlihat bengkak, maka bau yang tidak sedap itu akan bertambah menyengat jelas.

Lalai dalam menjaga kebersihan mulut dan gigi akan menjadi sebab berkembang biaknya kuman dan bakteri, maka sisa makanan akan melakukan fermentasi di dalam mulut, lalu keluar darinya bau yang tidak sedap.



Begitu juga bau mulut pada wanita akan berubah pada masa kehamilan dan pada saat melahirkan serta pasca melahirkan. Hal itu disebabkan oleh hormon kewanitaan yang berubah pada masa itu dan juga keengganan dan sikap malas yang menyelimuti mereka, serta tidak adanya keinginan untuk membersihkan gigi.

Pada saat gigi hendak copot akibat dari penyakit yang terdapat pada struktur gigi adalah jika diperhatikan akan ada nanah yang keluar jika gusi sedikit saja ditekan pada daerah yang terdapat diantara gigi tersebut. Dari sinilah keluar bau tajin/kanji mendidih. Begitu juga bau akan keluar pada saat gigi geraham bungsu tumbuh, lalu terjadi infeksi pada kontur yang menutupi gigi geraham serta sia-sisa makanan berkumpul diatasnya dan terjadilah fermentasi.

Setelah gigi tanggal maka kuman-kuman yang ada di mulut akan berkumpul pada bagian yang menggumpal di tempat gigi atau geraham yang tanggal tersebut, lalu mengeluarkan bau. Pada saat tulang rahang mengalami kerusakan pada pembusukan maka akan terjadi infeksi pada tekstur yang terdapat di akar-akar gigi dan akan mengeluarkan nanah serta bau-bau yang tidak sedap.

3. Berasal dari penyakit hidung dan tenggorokan

Hidung adalah organ tubuh yang menjadi tempat keluar masuknya udara sekaligus pula tempat bernafas. Udara yang keluar darinya akan membawa berbagai macam bau yang tidak sedap. Penyakit hidung yang paling sering mengeluarkan bau yang tidak sedap ini adalah penyakit Athropia yang kronis di hidung, kemudian penyakit sinusitis dan tumor yang sudah bernanah.

Pada saat terjadi infeksi kronis pada rongga hidung akan keluar tetesan-tetesan nanah dari rongga hidung dan hampir mengenai syaraf penciuman. Maka pada umumnya orang yang menderita itu akan mencium bau yang tidak sedap yang tidak dapat dicium oleh orang-orang yang berada disekitarnya.

Pada penderita Atropia selaput hidung akan berlendir dan itu tidak diketahui sebabnya. Walaupun disebutkan bahwa hal itu disebabkan oleh kekurangan vitamin seperti vitamin A dan D atau kekurangan zat besi atau kekurangan sebagian hormon pada wanita pada saat menjelang dewasa, maka kemudian akan tampak gejala-gejala penyakit seperti hidung terasa kering disertai lemahnya indera penciuman dan terkelupasnya lapisan luar dari hidung disertai dengan pendarahan.

Walaupun hidung tidak dapat mencium dengan baik tetapi bau yang ditimbulkan darinya sangatlah tidak sedap.

sumber: islampos.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Penyebab Bau Mulut yang Umum"

Post a Comment