5 Makanan Pengenyang tapi Bikin Cepat Lapar

Habis makan selang beberapa waktu akan terasa lapar lagi, ada apa gerangan. Ternyata yang dimakan adalah makanan di bawah ini yang memang mempercepat lapar.

Setelah makan tentu Anda mengharapkan perut kenyang, tapi tidak bila Anda mengkosumsi makanan dan minuman ini. Zat adiktif yang terkandung dalam beberapa makanan membuat Anda malah ingin terus mengunyah makanan lagi dan lagi.

Kelaparan adalah hasil dari banyak interaksi kompleks yang terjadi di lambung, usus, otak, pankreas, dan aliran darah.

Berikut beberapa jenis makanan yang tidak bisa membuat Anda kenyang dan justru bisa membuat Anda lebih mudah lapar.

5 Makanan Pengenyang tapi Bikin Cepat Lapar


1. Jus

Jus merupakan minuman sehat, namun minuman ini berisi gula dan tidak ada ampas atau kulit buah yang mengandung serat. Melihat hal tersebut, Anda tentu dapat menerka berapa kadar gula yang ada di dalam minuman tersebut dan dapat membuat anda semakin lapar.

2. Roti

Karbohidrat olahan yang ada dalam roti bisa menyebabkan Anda merasa lapar dalam waktu yang lama dan ingin mengkonsumsi lebih banyak makanan. Penyebabnya adalah kandungan fruktosa yang tinggi dalam roti.

Fruktosa dari sirup jagung ini akan menyebabkan tingkat gula darah menanjak.Tidak hanya menyebabkan rasa lapar, peneliti juga menemukan bahwa hal ini juga memicu bagian yang berkaitan dengan kecanduan pada otak. Ketika mengkonsumsi roti maka Anda akan semakin ingin untuk mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung fruktosa lainnya.

3. Camilan rasa asin

Setelah Anda memakan camilan keripik kentang, tidak lama kemudian pasti anda ingin sesuatu yang manis. Hal ini tentu tidak datang dengan tiba-tiba. Kentang, pretzel dan campuran makanan ringan yang asin lebih cepat mencerna karbohidrat sederhana dan dapat memicu insulin menjadi cepat tinggi kemudian rendah. Setelah itu selera dan link otak manusia akan bertindak cepat untuk meningkatkan energi dengan makanan manis setelah memakanan camilan asin.

4. Makanan ber-MSG

MSG biasanya digunakan dalam makanan untuk meningkatkan rasa di dalamnya. Meski begitu, makanan yang mengandung banyak MSG akan membuat Anda lebih mudah lapar dan ingin terus makan.

5. Cokelat hitam dan garam laut

Kombinasi cokelat hitam dan garam laut bisa jadi sangat enak. Namun makanan ringan yang terasa manis dan asin ini akan membuat banyak orang ketagihan. Bukannya kenyang, makanan ini malah akan membuat orang lebih lapar dan ingin terus makan lebih banyak. Hal ini karena adanya lemak dalam cokelat yang bisa meningkatkan selera makan.

Itulah 5 Makanan Pengenyang tapi Bikin Cepat Lapar

sumber: health.kompas.com
editor: obat sakit

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Makanan Pengenyang tapi Bikin Cepat Lapar"

  1. Selain bikin kenyang sesaat makanan diatas juga buat nafsu makan ya mas :)

    ReplyDelete