2 Faktor Penyebab Stroke dan Pencegahan

Stroke terjadi karena pembuluh darah pecah atau tersumbat. Ini karena pembuluh darahnya tidak sehat, karenanya kita harus menjaga pembuluh darah kita selalu sehat.

Stroke merupakan penyakit yang menyerang tanpa peringatan. Meskipun begitu, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari stroke.

Ada dua faktor terjadi stroke yakni:


1. Yang tidak bisa dikendalikan.
Yang tak bisa dikendalikan misalnya usia, makin bertambahnya umur pembuluh darah akan kaku. Faktor lainnya adalah berjenis kelamin pria, ras-rasa tertentu, dan juga riwayat stroke terdahulu.

2. Yang bisa dikendalikan.
Misalnya saja tekanan darah tinggi, diabetes yang tidak diobati, kolesterol tinggi, obesitas, dan rokok. Penyakit-penyakit tersebut akan mempercepat penyumbatan dan merusak pembuluh darah.

Kalau sudah ada hipertensi, kendalikan tekanan darah agar tidak tinggi terus, demikian pula dengan diabetes. Penyakit ini membuat pembuluh darah tidak sehat, karenanya harus diobati.




Selain itu, mulailah menjaga berat badan, berhenti merokok, dan mengurangi makanan yang tidak sehat.

Stroke terjadi karena aliran darah ke bagian otak terhalang sehingga sel-sel otak di bagian itu mati akibat kekurangan oksigen. Begitu bagian otak tidak mendapatkan darah, 90 detik kemudian akan terjadi kematian jaringan otak.

Gejala stroke yang perlu diwaspadai antara lain kesulitan dalam mengucapkan kalimat atau terlihat pelo, kaku pada satu bagian tubuh, hilangnya keseimbangan, rasa pusing hebat, dan gangguan menelan.

Stroke adalah kondisi darurat medis sehingga perlu mendapat pertolongan segera di rumah sakit.

sumber: kompas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Faktor Penyebab Stroke dan Pencegahan"

Post a Comment

Labels