Tempat Melapor Dokter yang Mencurigakan

Setiap pasien memiliki hak mendapat pelayanan dan tindakan medis sesuai prosedur.

Jika merasa aneh atau janggal dengan pelayanan atau pengobatan medis seorang dokter di rumah sakit ataupun klinik, Anda bisa melapor ke Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI).

"Dari situ akan diuji apakah mereka menjalankan profesi sesuai standar dan prosedur atau tidak. Kalau terbukti, MKDKI bisa mengeluarkan tindakan disiplin," ujar Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo di Jakarta, Rabu (17/9/2014).


Jika terbukti di luar prosedur, MKDKI bisa memberikan sanksi, seperti tidak boleh praktik dalam waktu tertentu dan mencabut izin praktik.

Seperti diberitakan, kasus Klinik Metropole Hospital (MH) di Mangga Besar, Jakarta Barat, sedang ramai diperbincangkan di media sosial Facebook. Salah satu pasien, NZ (23), menilai, banyak hal yang janggal di klinik itu, seperti pakaian dokter yang tidak lazim.



Dia mengatakan, dokter yang dia temui ada tiga orang. Dokter pertama saat pemeriksaan USG mengenakan baju semacam daster berkancing warna putih. Dokter kedua mengenakan jas dokter, tetapi celananya terlihat tidak formal dan memakai sandal. Sementara itu, dokter yang ketiga berusia sekitar 20 tahun dan memakai sepatu kets sambil menonton film Korea di mejanya.

NZ mengaku bahwa ia langsung diminta melakukan terapi, meskipun baru kali pertama melakukan pemeriksaan di klinik tersebut.

sumber: Kompas

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tempat Melapor Dokter yang Mencurigakan"

  1. ada kalanya juga dokter yang gadungan ya mas sehingga perlu dilaporkan. makasih infonya..

    ReplyDelete

Labels