6 Cara Mencegah Varises pada Ibu Hamil

Sungguh sangat kasihan kalau istri kita sedang mengandung, mau ngapa-ngapai terlihat tidak enak, tapi dibalik ketidakenakan tertampung pahala yang sangat besar di sisi Allah SWT. Maka bersyukurlah para suami yang mendapati istrinya sedang hamil karena akan segera datang keberkahan dengan lahirnya si jabang bayi.

Putriku 5 Tahun yang Lalu
(Copyright 2014 by admin Obat Sakit)

Buat istriku, salam sayang buatmu dan terima kasih aku ucapkan karena telah melahirkan puteri kami yang tersayang dan sekarang sudah beranjak dewasa, semoga lulus ya ujian sekolahnya. Amiiin...


Salah satu penyebab umum untuk varises adalah lemahnya dinding vena dan katup. Risiko varises juga meningkat seiring bertambahnya usia, berat badan, dan jumlah kehamilan.

Namun varises pada kehamilan sebenarnya bisa dicegah dengan cara-cara berikut.

1. Olahraga

Olahraga merupakan cara terbaik untuk memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Para ahli pun mengatakan, olahraga aman dilakukan saat hamil. Tiga puluh menit atau lebih olahraga moderat setiap hari adalah yang disarankan.

2. Tidur menghadap kiri

Karena vena cava berlokasi pada bagian kanan tubuh, tidur ke arah kiri merupakan cara terbaik agar darah dapat kembali ke arah kanan tubuh.



3. Posisikan kaki lebih tinggi

Memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung setiap tiga jam akan memperbaiki sirkulasi. Saat berdiri, pastikan Anda tidak bertumpu di satu kaki, dan jangan silangkan kaki saat duduk.

4. Jaga kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil dapat menyebabkan varises. Maka pastikan kenaikan berat badan Anda sesuai dengan angka yang disarankan sesuai dengan indeks massa tubuh sebelum hamil.

5. Hindari konstipasi

Konstipasi dapat meningkatkan risiko varises, maka hindarilah hal itu dengan banyak minum banyak air putih, kurangi garam, dan cukup makan makanan kaya serat.

6. Gunakan stoking khusus

Stoking khusus yang lebih ketat pada bagian pergelangan kaki dan lebih longgar di bagian paha akan membantu darah untuk lebih mudah naik sehingga mempermudah fungsi vena.

sumber: kompas
editor: obat sakit

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "6 Cara Mencegah Varises pada Ibu Hamil"

  1. Pastinya berguna untuk para kaum ibu tips ini ya mas :)

    ReplyDelete
  2. iya nih, bagus untuk Ibu2 yg sedang hamil membaca artikel ini, sangat bermanfaat tips2 nya :)

    ReplyDelete
  3. Air putih memang banyak khasiatnya ya mas :)

    ReplyDelete