5 Khasiat Minyak Kelapa

Minyak ya tetap sja banyak kandungan lemaknya. Jngan terlalu berlebihan lah pokoknya dalam pemakaian.

Minyak kelapa sebenarnya sudah sejak lama dipakai oleh nenek moyang kita. Namun, semakin lama minyak kelapa ini semakin ditinggalkan, padahal fungsi minyak kelapa sangat beragam, mulai dari kecantikan hingga kesehatan.


5 Khasiat Minyak Kelapa


1. Perawatan kulit.

Minyak kelapa sangat efektif untuk membersihkan riasan wajah. Selain itu, minyak ini cocok dipakai sebagai pelembap kulit terutama di cuaca dingin saat kulit mudah kering dan pecah.

2. Sumber energi.

Asam lauric, lemak jenuh yang dominan ada dalam minyak kelapa, adalah asam lemak rantai menengah. Tubuh memakai asam ini secara berbeda dibanding asam rantai panjang yang ada dalam makanan berlemak. Asam lemak rantai menengah diproses oleh hati dan diubah menjadi energi oleh sel tubuh. Itu sebabnya asam lemak ini dapat membantu penurunan berat badan.

3. Tingkatkan kolestrol baik.

Jika Anda khawatir dengan kadar kolesterol, konsumsi minyak kelapa dapat meningkatkan kolestrol baik(HDL) dan juga kolestrol jahat(LDL) dalam tubuh. Meskipun sama-sama naik, bukti menunjukkan bahwa minyak kelapa membawa manfaat baik terhadap lemak tak jenuh.



4. Manfaat antimikroba dan antioksidan.

Minyak kelapa memiliki kandungan untuk memberantas serangga. Meskipun riset terhadap hal ini masih minim, minyak kelapa ternyata juga mampu melawan virus, bakteri, atau infeksi jamur tertentu seperti flu, bronktis, jerawat, dan sebagainya. Selain itu, minyak kelapa murni mengandung senyawa fenolik sebagai antioksidan.

5. Bahan untuk memasak.

Minyak kelapa cocok untuk memasak karena rasa yang lebih lembut dan stabil saat dimasak. Banyak masakan yang cocok dimasak dengan minyak kelapa, terutama pembuatan roti dan masakan tumis yang tidak terlalu panas. Minyak kelapa juga populer digunakan untuk memasak kari atau masakan lain yang butuh aroma tropis.

Namun, karena kandungan asam lauric yang tinggi, sebaiknya Anda memilih minyak kelapa murni (virgin coconut oil) untuk menggantikan lemak jenuh seperti mentega dan lemak trans.

Perlu diingat bahwa minyak kelapa tetap adalah lemak, dan hindari konsumsi berlebihan.

sumber: Kompas
editor: Obat Sakit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Khasiat Minyak Kelapa"

Post a Comment

Labels