4 Manfaat Makan Makanan Pedas

Buat Anda yang menyukai makanan yang pedas-pedas, ternyata ada manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah terbukti dapat menurunkan kolestrol jahat. Riset dari Yayasan Kimia Amerika mengklaim bahwa kapsaisin membantu mengurangi kolestrol akibat aliran darah yang lebih cepat karena kapsaisin menghambat gen yang dapat mempersempit arteri.

Makanan pedas sangat cocok bagi lidah orang Indonesia. Ada banyak cara untuk mengolah cabai, mulai dari yang dibuat sambal, dijadikan bumbu masakan, diiris dalam makanan, hingga dibuat taburan makanan. Dengan sensasi pedas tersebut, bukan hanya cita rasa yang bertambah, tapi makanan pedas punya manfaat kesehatan.

4 Manfaat Makan Makanan Pedas


1. Kesehatan jantung

Manfaat lain dari makan makanan pedas adalah fungsi jantung yang meningkat. Kapsaisin terbukti juga dapat menurunkan kolestrol jahat. Riset dari Yayasan Kimia Amerika mengklaim bahwa kapsaisin membantu mengurangi kolestrol akibat aliran darah yang lebih cepat karena kapsaisin menghambat gen yang dapat mempersempit arteri.

2. Penurunan berat badan

Sensasi rasa pedas dalam cabai datang dari senyawa kapsaisin. Studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan pedas dan panas akan meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 8 persen, sehingga menyebabkan penurunan berat badan.




Selain itu, orang yang makan makanan pedas biasanya merasa cukup dengan porsi yang lebih sedikit. Akibatnya, kalori yang diasup juga lebih sedikit. Dalam sebuah riset Kanada, lelaki yang makan makanan pembuka pedas mengkonsumsi 200 kalori lebih sedikit dibanding yang tidak pedas.

3. Pencegahan kanker

Ada beberapa bukti bahwa makanan pedas membantu melawan kanker. Menurut Yayasan Kanker Amerika, kapsaisin mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Riset lain menemukan bahwa Turmerik, rempah pedas India, mengandung antioksidan aktif kurkumin yang memiliki sifat antikanker.


4. Menurunkan tekanan darah

Peneliti mengklaim bahwa kapsaisin meningkatkan oksida nitrat dalam peredaran darah yang membantu melawan peradangan dan dapat menurunkan tekanan darah. Dari semua makanan pedas, cabai rawit dipercaya yang paling cepat untuk menurunkan tekanan darah.

sumber: Kompas
editor: obat sakit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Manfaat Makan Makanan Pedas"

Post a Comment

Labels